News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Objek Wisata Kerinci

Objek Wisata Kerinci

THE JAMBI TIMES - KERINCI - Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten dalam Provinsi Jambi yang memiliki kawasan - kawasan objek wisata yang terindah di Jambi.
Berikut ini daftar tempat kunjungan wisata yang bisa menjadi destinasi Anda dalam mengisi hari libur :
1. Gunung Kerinci
Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3800m dpi dan masih dalam keadaan aktif. Pemandangan dari puncak Gunung Kerinci sangat memukau, kita bisa melihat danau kerinci dan danau situjuh yang berada diatas puncak bukit situjuh, serta dibagian selatan terlihat Lubuk Gadang dan Muara Labuh. Sementara diarah barat terlihat Samudera Hindia yang sangat indah. Pada areal hutan Gunung Kerinci ini kita masih bisa menjumpai hewan langka yang dilindungi Pemerintah yaitu Harimau Sumatera. Satu hal yang harus diingat, jika anda mendaki Gunung Kerinci ini jangan bermalam atau mendirikan tenda di daerah Selter I atau di daerah yang ketinggiannya dibawah 1500m dpi. Karena daerah tersebut merupakan daerah habitatnya Harimau Sumatera dan tempat mereka berburu mangsa. Usahakan untuk tidak membawa makanan yang berbau anyir atau daging mentah.
2. Perkebunan Teh Kayoe Aro
Perkebunan Teh Kayoe Aro dirintis antara tahun 1925 hingga 1928 oleh perusahaan Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA). Perkebunan teh ini tercatat sebagai perkebunan teh tertua di Indonesia. Perkebunan teh kayoe aro seluas 3.020 hektar adalah perkebunan teh dalam satu hamparan terluas di dunia, berada pada ketinggian 1.400 - 1.600 meter dpi yang merupakan perkebunan teh tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya (4.000m dpi).
Pengawasan kualitas yang tinggi, mulai dari perawatan dan pemeliharaan tanaman, pemetikan pucuk teh, pengolahan di pabrik, hingga pengemasan dan pengiriman teh produksi PT. Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI) ini menyandang nama harum sebagai teh dengan kualitas terbaik di dunia. Dengan aroma yang khas serta kualitas prima, sebagian besar teh produksi PTPN VI ini adalah untuk di ekspor.
3. Perkebunan Kayu Manis 
Kabupaten Kerinci merupakan perkebunan kayu manis terbesar di Pegunungan kerinci, Kayu manis dikenal pula dengan nama Cassiavera atau Cinanoum Burmanni. Hal yang menarik dari kegiatan Agrowisata ini adalah melihat proses pengolahan kayu manis, mulai dari pengulitan dari batang pohonnya sampai pada tahap penyortiran. Kayu manis merupakan bahan baku rempah - rempah, obat - obatan dan minuman. Kulit kayu manis asal Kabupaten Kerinci adalah komoditas ekspor yang dipasarkan ke negara Amerika, Jepang, Jerman, Belanda, Belgia, Venezuella, Hungaria, Mexico, Yunani, Kanada dan Singapura. Ekspor kulit kayu manis Indonesia 85% dipenuhi oleh kulit kayu manis yang berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
4. Danau Kerinci
Danau Kerinci memiliki luas 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter dan terletak pada ketinggian 783m dpi. Danau Kerinci banyak menyimpan jenis ikan, Ikan semah merupakan jenis ikan yang paling digemari dan  juga merupakan ikan enden. Selain panorama yang alam yang indah, interaksi masyarakat sekitar dengan danau juga menyajikan kesan tersendiri bagi pengunjung, seperti para nelayan yang mencari ikan dengan peralatan tradisional seperti : pancing, tangga jaring, jala serta lukah.

5. Danau Kaca
Danau Kaca merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Kerinci. Penamaan danau ini dengan sebutan Danau Kaca dikarenakan air danau ini sangat jernih. Jika pada siang hari terlihat seperti kaca pada jarak jauh. Danau ini terletak di Kecamatan Gunung Raya Kerinci, bisa dicapai dengan menggunakan pesawat dan akan berhenti di lapangan terbang Depati Parbo.
 6. Danau Gunung Tujuh
Kondisi alamnya yang masih perawan dan asri menjadikan Danau Gunung Tujuh ini sebagai tujuan wisata paling favorit di Kabupaten Kerinci dan sekitarnya. Sementara, letaknya yang berada pada ketinggian 1.996m dpi menjadikan danau ini sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Secara ilmiah, Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan Gunung Berapi dimasa lampau. Memiliki ukuran panjang sekitar 4,5 km dan lebar 3 km.
7. Danau Belibis
Danau Belibis termasuk danau Kaldera dengan luas sekitar 2 hektar. Danau ini terletak di lereng Gunung Kerinci yang berhutan lebat. Kondisi alam pegunungan disekitar danau masih asli dan merupakan salah satu obyek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk dikunjungi. Danau yang indah ini dikelilingi oleh tebing - tebing  curam merupakan tempat minum berbagai jenis satwa dan tempat berkumpulnya belibis. Danau Belibis dapat dicapai melalui Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru, jarak tempuh dari Kota Sungai Penuh lebih kurang 52 km.
8. Tanjung Pelita 
Tanjung Pelita merupakan suatu taman yang berada pada ketinggian 20 meter dari permukaan danau. Dahulu tanjung ini merupakan pemukiman penduduk dengan nama Desa Pidung yang dihuni oleh sekitar 15 rumah. Menurut orang yang dituakan, Pidung dapat diartikan sebagai hidung. Terdapat dua persepsi kenapa lokasi ini dinamakan Pidung (hidung). Pertama, bila dilihat daerah danau secara keseluruhan lokasi ini menyerupai wajah, sehingga tanah yang didiami ini (tanjung) mirip dengan hidung dan di kiri -kanannnya menyerupai pipi. Kedua, saat penggalian parit bersamaan dengan mulai didiami tanjung ini, masyarakat menemukan batu - batu yang mirip dengan hidung.
Pada tanjung ini tersedia beberapa shelter untuk bersantai serta jalan setapak yang mengelilingi tanjung sehingga keindahan danau dari berbagai sisi tanjung ini dapat dinikmati dengan lebih sempurna. Tanjung Pelita berjarak sekitar 29 km dari Sungai Penuh yang secara administratif termasuk dalam Desa Pendung Kecamatan Keliling Danau.

9. Taman Husein
Taman Husein memiliki pantai dengan batu - batu besar yang terletak di pinggir jalan raya dan jauh dari pemukiman penduduk. Lokasi ini terasa sangat nyaman, pemandangan lepas kearah danau, suara gemersik dedaunan yang tertiup angin serta gemercik ombak yang menerpa pantau berbatu merupakan kondisi yang ideal untuk bersantai bersama orang - orang terdekat. Tersedia beberapa shelter dibibir pantai serta warung yang menyediakan minuman ringan. Taman Husein dapat dicapai dari Sungai Penuh setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam.
10. Pesanggrahan dan Tanjung Hatta
Lokasi ini memiliki pantai berkarang yang merupakan lokasi paling terkenal di Danau Kerinci dan tersedia sarana yang cukup lengkap untuk kegiatan wisata seperti : shelter, wc hingga lokasi parkir. Tersedia juga perahu yang disewakan untuk mengarungi pinggir danau dan pesanggrahan bisa dijadikan lokasi camping ground bagi anak sekolah. Dari pesanggrahan terlihat jelas Pegunungan Bukit Barisan yang mengelilingi Kerinci. Tanjung Hatta terletak tidak jauh dari Pesanggrahan, Tanjung ini memiliki nilai sejarah pada tahun 1953 Wakil Presiden pertama RI mengunjungi Kerinci menyempatkan menanam pohon beringin di tanjung ini. Tanjung Hatta dan Pesanggrahan terletak di Desa Sanggar Agung Kecamatan Danau Kerinci, berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Sungai Penuh.
11. Goa Kasah
Goa Kasah merupakan sebuah goa yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dengan jarak terdekat dari Desa Kersiktuo Kecamatan Kayu Aro kurang lebih 5 km. Goa ini merupakan habitat kelelawar dan beberapa spesies burung. Dalam goa ini terdapat relief yang menggambarkan antara lain wanita dan seekor binatang serta sebuah tempat duduk dari batu. Ruang utama berbentuk kubah ukuran 8 X 15 m dengan tinggi 15 m. Menurut pengamatan para ahli, goa ini merupakan tempat tinggal manusia purba pada ratusan tahun lalu.
12. Danau Lingkat
Danau yang masih alami ini terletak dipinggir hutan TNKS yang berdekatan dengan Desa Lempur Mudik. Luasnya lebih kurang 12 ha pada ketinggian 1.100 m dpi. Untuk mencapai obyek wisata ini dapat menggunakan bus umum, hal ini yang menarik pada obyek wisata ini yakni masih dapat didengar suara binatang seperti siamang dan lainnya ketika matahari mulai bersinar. Menjelajahi danau dengan rakit dan melihat batu yang unik berwarna warni didasar danau yang dapat dilihat dari permukaan air yang biasa orang menyebutnya Batu Belang.
13. Air Terjun Tujuh Tingkat
Bagi Wisatawan yang menyukai kegiatan cros country atau wisata alam, Obyek wisata yang satu ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan itu. Untuk mencapai obyek wisata, wisatawan harus melewati hutan produksi kayu manis dan hutan lindung. Seperti namanya obyek wisata ini memiliki air terjun tujuh tingkat. Air Terjun Tujuh Tingkat pertama tingginya lebih kurang 6 meter yang merupakan air sungai yang jatuh pada tebing terjal. Menyusuri sungai ini kearah hulu akan ditemui pula air terjun tingkat kedua yang tingginya 50 meter dan air yang jatuh seperti butir - butir uap air. Seterusnya pendakian dapat dilakukan sampai ketingkat ketujuh melalui hutan lindung yang banyak terdapat tumbuh - tumbuhan hutan manau. Untuk mencapai lokasi wisata ini harus menempuh perjalanan jauh lebih kurang 16 km dari Kota Sungai Penuh dengan kendaraan Bus.(ronal saputra)




 erg, KERINCI - Liburan sekolah sudah menunggu. Mungkin inilah saat yang tepat bagi anda untuk bercengkrama dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga, dimana selama ini anda selalu disibukkan oleh rutinitas pekerjaan. Liburan bersama keluarga memang banyak pilihan, tapi wisata alam merupakan salah satu pilihan yang tepat buat keluarga anda. Bagi anda yang berada diluar daerah Kerinci, wisata alam Kerinci adalah pilihan yang bijak. Di daerah kerinci yang dikenal dengan sebutan Sakti Alam Kerinci, anda akan menikmati banyak panorama alam yang menakjubkan. 

Kerinci yang terkenal dengan sebutan daerah Serambi Madinah ini, merupakan wilayah kabupaten paling barat di Provinsi Jambi, dianugerahi dengan keindahan alam yang tiada duanya. Tidak salah jika Kabupaten Kerinci diberi gelar Bumi Segepal Tanah dari Surga yang Tercampak ke Bumi.

Inilah 7 Objek Wisata Alam versi Kerincizone.com yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, dengan keindahan alam alami ini, akan mampu melengkapi kebahagiaan keluarga anda.
1. Perkebun Teh Kayu Aro 

Perkebunan Teh Kayu Aro Kerinci Jambi
Salah satu daya tarik Daerah Kabupaten Kerinci yang terkenal sejak jaman dahulu adalah Kebun Teh Kayu Aro. 
Perkebunan Teh Kayu Aro dirintis antara tahun 1925 hingga 1928 oleh perusahaan Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA). Selain dikenal sebagai perkebunan teh tertua di Indonesia, perkebunan seluas 3.020 hektar merupakan perkebunan teh dalam satu hamparan terluas di dunia. 

Selain itu, dengan ketinggian 1.400-1.600 meter dpl Kebun Teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya (4.000 m dpl). 
Perkebunan teh yang berlatarkan Gunung Kerinci yang tinggi menjulang, terhampar bak permadani hijau merupakan fantasi alam, anugerah sang pencipta yang sangat menakjubkan dan tak ternilai.

Mengunjungi Perkebunan Teh Kayu Aro tentu akan menjadi lengkap, bila dilanjutkan dengan menjelajah terjalnya Gunung Kerinci, yang merupakan gunung merapi tertinggi di Indonesia ini. Bahkan presiden RI Joko Widodo dikabarkan pernah sampai di biru tingginya Gunung Kerinci.
2. Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh Kerinci Jambi
Danau Gunung Tujuh Kerinci Jambi 


Kondisi alam Danau Gunung Tujuh begitu menyejukkan, panoramanya begitu indah dan alami, dan airnya begitu jernih. Kondisi ini memberikan ketentraman dan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya.
Keindahan Danau Gunung Tujuh bertambah lengkap oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Ketujuh gunung tersebut meliputi Gunung Hulu Tebo (2.525 m dpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 m dpl), Gunung Madura Besi (2.418 m dpl), Gunung Lumut (2.350 m dpl), Gunung Selasih (2.230 m dpl), Gunung Jar Panggang (2.469 m dpl) dan Gunung Tujuh (2.735 m dpl).
Di beberapa titik di pinggir danau ini, terdapat pasir yang terbentang menyerupai pantai. Tempat tersebut dapat digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah sembari menanti terbitnya sang mentari dari ufuk timur. Pada saat matahari menampakkan wajahnya, para wisatawan dapat menikmati keindahan danau yang menakjubkan.
Saat ini Danau Gunung Tujuh terpilih menjadi salah satu nominator New9Wonderfull Indonesia 2015, bahkan untuk kategori danau, Gunung Tujuh menjadi nominasi terkuat.
3. Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro Kerinci Jambi
Air Terjun Telun Berasap merupakan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun tersebut bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 m. Orang Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan “kabut air” di sekelilingnya.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa. Masyarakat setempat tidak berani memasuki goa tersebut karena medannya begitu sulit dilalui. Air terjun yang sangat deras dengan karang yang terjal, menyebabkan gua tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Telun Berasap.
Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni.
4. Danau Kerinci

Danau Kerinci Singaran Agung Kerinci Jambi
Danau Kerinci salah satunya yang terkenal. Terletak di kaki Gunung Raya di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Danau Kerinci menjadi salah satu wisata yang patut anda kunjungi. Danau vulkanik yang berada di ketinggian 783 mdpl dan memiliki luas 4.200 hektar ini menjadikan Danau Kerinci menjadi salah satu danau terbesar di Sumatera, selain Danau Toba dan Danau Mininjau.

Pemandangan alam yang disajikan oleh salah satu danau terbesar di Indonesia ini sangat indah, air yang bersih nan jernih ditambah latar pegunungan yang hijau menjadi perpaduan yang sangat anggun untuk dipandang. Di tengah danau terbesar di Indonesia ini juga terlihat perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Anda bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau atau hanya sekedar berkeliling desa di sekitar danau untuk melihat batu-batu berukir peninggalan masa megalit dari 2000 tahun yang lalu.
Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam. Keberadaan batu ukir ini menunjukkan bahwa kawasan di sekitar Danau Kerinci merupakan daerah yang pernah dihuni manusia purba.
5. Danau Kaco
Danau Kaco Kerinci Jambi 
Danau Kaco terletak di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Sekitar dua jam dari Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Danau Kaco memiliki luas sekitar 30 x 30 meter ini memiliki kedalaman yang masih menjadi misteri. Meskipun memiliki kedalaman air yang tidak terukur, namun dasar Danau Kaco bisa terlihat secara jelas. Ini karena warna air yang bening dan jernih serta tempat ribuan ikan semah berkembang biak.

Selain itu, Danau Kaco juga mengeluarkan cahaya yang terang saat malam datang, terutama pada saat bulan purnama. Jika berkemah di Danau Kaco, apalagi saat bulan purnama, maka pengunjung tidak membutuhkan penerangan karena air danau mengeluarkan cahaya yang cukup terang. Jika dilihat dari kejauhan, cahayanya terlihat seperti lampu yang diarahkan ke langit.
6. Sumber Air Panas Semurup

Air Panas Semurup Kerinci Jambi 
Objek ini terletak di desa Air Panas kecamatan Air Hangat sekitar 11 km dari kota Sungai Penuh. Air panas yang keluar dari perut bumi, merupakan hasil kegiatan vulkanik, membentuk sebuah kolam kecil yang selalu mengepulkan uap.
Ditempat objek wisata ini anda dapat berendam dan mandi dengan air panas belerang alami ditempat pemandian peninggalan kolonial belanda, yang disenyalir dapat penyembuhan penyakit kulit. Disamping itu pengunjung dapat merebus telur dan pisang. 
Air Panas Semurup merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.
7. Air Terjun Renah Pametik
Air Terjun Renah Pametik Kerinci Jambi 
Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan jelajah alam, wisata alam ini merupakan tempat yang cocok buat anda.
Air Terjun di Desa Lubuk Tabun Renah Pemetik ini merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi. Selain memberikan kesejukan, Air Terjun Bukit Berembun (nama lain dari air terjun Renah Pametik) juga memiliki hutan yang masih alami yang sekelilingnya terdapat pohon-pohon dan jenis tumbuhan yang berumur ratusan tahun. Disamping itu suara gemuruh air yang terhempas ke batu terdengar nyaring ketika kita memasuki lokasi air terjun seakan membawa kedamaian tersendiri bagi yang mendekatinya.
Untuk sampai ke lokasi Air Terjun ini, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 58 km dari Kota Sungaipenuh atau kurang lebih dua jam perjalanan dengan kendaraan. Air Terjun Renah Pemetik ini diperkirakan memiliki ketinggian kurang lebih 65 m yang merupakan pertemuan dua sungai yang berada diatasnya. Panorama alam yang indah dan sejuk di lokasi air terjun ini bisa dinikmati dari bawah maupun dari atas lokasi air terjun, kelelahan kita selama perjalanan seakan terbayar dengan indahnya panorama alam di kawasan tersebut, karena air terjun ini merupakan fantasi alam yang cukup menakjubkan.(ronal saputra/lee yie)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.