News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Diknas Tanjabtim Optimis

Diknas Tanjabtim Optimis


The Jambi Times - Muara Sabak – Meski tahun ini Ujian Nasional (UN) tak lagi menjadi penentu kelulusan. Namun, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim tetap optimis, persentase kelulusan siswa SMA sederajat akan mencapai 100 persen. Terlebih, jauh hari sebelumnya, Dinas Pendidikan telah melakukan sosialisasi soal penentu kelulusan siswa.

Sekitar 2200 siswa SMA sederajat yang akan mengikuti UN, dan menggantungkan harapan kelulusan mereka kepada kebijakan sekolah. Karena pada tahun ini, kelulusan mereka ditentukan oleh nilai rata-rata rapor dan hasil ujian sekolah, bahkan perilaku siswa selama duduk dibangku sekolah pun, menjadi pertimbangan khusus bagi pihak sekolah. ‘’Memang ada yang berbeda soal penentuan kelulusan siswa tahun ini, namun kami tetap optimis persentase kelulusan mencapai 100 persen. Terlebih pada tahun sebelumnya, kelulusan siswa di Tanjabtim ini selalu mencapai 100 persen,’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Heri Widodo.

Dijelaskannya, kelulusan siswa dengan persentase 70 persen dari nilai rata-rata rapor, sedangkan 30 persennya lagi ditentukan hasil US. ‘’Sementara hasil UN sendiri hanya menentukan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi saja,’’ jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala SMA Negeri 8 Fitri Kurniasih, dimana tahun ini dirinya berharap 151 anak didiknya yang mengikuti UN akan lulus seratus persen. Meskipun hasil UN tersebut tak lagi mempengaruhi kelulusan anak didiknya kelak. ‘’Kalau ditanya soal persentase kelulusan, tentu kami berharap anak didik kami ini dapat lulus semuanya, dan ini tentu juga menjadi harapan kita semua,’’ harapnya.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.