News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Telaga Biru di Merangin

Telaga Biru di Merangin

THE JAMBI TIMES - MERANGIN - Kabupaten Merangin menjadi salah satu tujuan wisatawan di Provinsi Jambi yang memiliki potensi wisata alam yang sangat indah, baik dari alam maupun budaya dari daerah itu sendiri. Seperti gunung, danau, air terjun, air panas, goa, geopark dan berbagai wisata modern yang kini tengah dikembangkan. Hal ini tentu dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan pendapatan daerah melalui kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang ada di sana.

Salah satu objek wisata yang menarik di Kabupaten Merangin yaitu Telaga Biru yang berada di Desa Tanjung Alam Kecamatan Jangkat. Telaga biru ini memberikan sensasi keindahan alam yang khas yaitu warnanya yang biru dan sangat jernih hingga tembus kedasar telaga serta kesejukan udara karena rimbunnya pepohonan disekitar telaga ini. 

Telaga biru berada diketinggian 2033 Mdpl di kawasan Hutan Produksi Lainnya (HPL) yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Perjalanan menuju telaga biru dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lebih kurang 7 jam atau menggunakan kendaraan rodadua yang hanya memakan waktu 3 jam perjalanan dari desa Tanjung Alam Jangkat. Selama perjalanan mata kita akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan, persawahan yang menghampar luas ditambah bunyi gemercik air dari aliran irigasi sawah serta kebun kopi yang berada disepanjang jalan yang dilengkapi pondok peristirahatan petani yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat saat hendak mengunjungi telagabiru. 

Setelah melakukan 5 jam perjalanan kaki dari desa Tanjung Alam hingga tiba dipondok terakhir, tantangan baru dimulai untuk menuju telaga biru yaitu melanjutkan perjalanan menembus dalamnya hutan adat dengan jalanan curam, menanjak, menurun, melewati tingginya pepohonan yang dilapisi lumut. Perjalanan yang sangat dinantikan oleh pencinta alam maupun backpacker karena memberikan sensasi yang menantang. Sampai pada akhirnya, mata kita akan dimanjakan oleh suguhan air 

berwarna biru jernih. Airnya yang dingin dan banyak pohon yang tumbuh disekitarnya. Ada juga pohon tumbang membentang diantara telaga biru yang dijadikan sebagai jembatan menuju pondok yang sudah dibangun oleh warga setempat guna menjadi tempat beristirahat. Sangat menyejukkan.

Menurut cerita warga setempat, mulanya telaga ini ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu warga desa tanjung alam yang sedang berburu burung disekitar hutan adat, yang kemudian di ceritakan kewarga desa lain dari mulut kemulut. Sebelumnya warga setempat menyebutnya danau hijau, namun semenjak kunjungan Bupati Merangin Bapak Al Haris S.sos, MH ke telaga biru ini pada awal tahun 2016 lalu, warga setempat mulai menyebutnya telago biru atas masukan dan peresmian dari bupati Merangin.

Tidak jauh dari telaga biru, sekitar perjalanan 20 menit, dapat ditemukan air terjun 15 tingkat di desa Tanjung Alam ini. Kita dapat menikmati aliran deras air terjun ini dari satu tingkat ketingkat yang lain dengan berenang disana. So, buat kamu pecinta alam dan backpacker harus menikmati suasana dan keindahan alam telaga biru ini, serta keindahan alam kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin lainnya yang tidak pernah habis untuk dibahas keindahannya.

Nama penulis: Jumramadon (Mahasiswa Akuntansi Universitas Jambi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.