Terpopuler

Back to Top

Video

Generasi Cerdar itu Pandai Hindari Bahaya Narkoba

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times

THE JAMBI TIMES - JAMBI - Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Meskipun pemerintah dan masyarakat telah melaksanakan berbagai upaya, namun penyalahgunaan narkoba tetap sulit untuk di berantas. Salah satu upaya yang di dapat dilakuka nadalah mencegah dan mengendalikan agar penyalahgunaan narkoba tidak meluas.

Mengingat bahwa narkoba membawa bahaya yang merugikan masa depan bangsa, terutama masa depan generasi muda Indonesia.

    Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2011, generasi muda adalah yang paling banyak melakukan penyalahgunaan narkoba. Data tersebut menunjukkan generasi muda dalam kelompok usia 20-29 tahun adalah kelompok yang paling banyak menyalah gunakan narkoba dibandingkan kelompok usialainnya, dengan kisaran 7,2 % pada laki-laki dan 1,8% pada perempuan. 

Total pengguna laki-laki sebanyak 1.474.794 jiwa dan pengguna perempuan sebanyak 376.930 jiwa. Sungguh miris nasib bangsa Indonesia jika hal ini terus terjadi pada generasi muda Indonesia.


    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama penyalah gunaan narkoba di kalangan generasi muda.

Beberapa studi dan hasil penelitian menunjukkan penyebab utama penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda adalah stress, ketidak mampuan menghadapi masalah, dan kurangnya pemenuhan kebutuhan spiritual. Selain itu, kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua juga merupakan penyebab penyalah gunaan narkoba di kalangan generasi muda.


    Narkoba saat ini menjadi momok yang paling menakutkan bagi masa depan suatu bangsa. Mengingat pelaku penyalah gunaan narkoba lebih banyak berasal dari generasi muda.

 Sementara generasi muda adalah generasi harapan bangsa yang di harapkan dapat memajukan bangsa di masa depan. Narkoba membawa bahaya-bahaya berupa:
1)    Gangguan kesehatan
2)    Gangguan perilaku atau mental sosial
3)    Keputus asaan
4)    Masalah ekonomi dan hukum
5)    Rusaknya masa depan generasi muda
6)    Overdosis yang berujung pada kematian

Sebagai generasi muda yang cerdas, tentunya kita harus menghindari bahaya-bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Pencegahan merupakan salah satu bentuk upaya terbaik untuk menghindari bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebagaimana terdapat pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Mencegah yang dimaksudkan disini yaitu mencegah sebelum memakai narkoba (pencegahan primer), mencegah mereka yang telah memakai narkoba agar tidak mengalami ketergantungan (pencegahan sekunder), dan mencegah mereka yang telah ketergantungan agar dapat mengurangi dampak buruknya (pencegahantersier). Pencegahan-pencegahan tersebut diiringi dengan model-model penanggulangan berupa:
1)    Menjauhkan narkoba dari penyalahgunaan dengan cara pengawasan ketat dan peringatan keras tentang bahaya narkoba

2)    Melakukan identifikasi serta penerangan sebagai bentuk pertolongan kepada kelompok yang beresiko tinggi untuk melakukan penyalahgunaan narkoba

3)    Perbaikan kondisi pendidikan dan pergaulan dalam masyarakat
4)    Mengurangi peredaran narkoba dengan menekan suplai (pemasukan) narkoba melalui pendekatan penegakan hukum
5)    Mengurangi kebutuhan akan narkoba melalui kegiatan pembinaan, pencegahan, terapi, dan rehabilitasi
Kita sebagai generasi muda yang cerdas sudah sepatutnya untuk menyadari pentingnya menghindari bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Oleh karena itu kita harus menjauhi narkoba sejak dini dengan cara memperkuat keimanan kepadaTuhan, mengembangkan potensi diri, senantiasa menolak segala bentuk tawaran untuk menggunakann arkoba, dan optimis meraih cita-cita. Di samping itu, keluarga juga turut berpartisipasi untuk mencegah penyalah gunaan narkoba dengan  caralebih banyak    meluangkan waktu, perhatian, dan kasih sayang, mengembangkan kehidupan rohani  dan spiritual, berkomunikasi dengan baik, serta mendukung generasi muda untuk melakukan hal-hal positif yang baik bagi dirinya.

Semoga di masa yang akan datang, kita dapat menjadi generasi berkualitas yang dapat terhindar dari bahaya narkoba. Generasi muda Indonesia yang cerdas, dan dapat menjadi penerus yang membawa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik lagi.(Winda Hapsari Hasibuan)