Terpopuler

Back to Top

Video

Walikota Berantas Buta Huruf Melalui MTQ

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan website portal Berita
http://www.idwebdesain.com

Ads by Iklan The Jambi Times

The Jambi Times - Jambi  - Memberantas buta aksara Alquran dan membumikan Alquran guna mencetak generasi yang qurani gencar dilakukan Pemerintah Kota Jambi.
Selain memberikan honorarium kepada guru ngaji antara Maghrib dan Isya (PAMI), Imam Rawatib, Da'i dan Daiyah, Pemkot juga aktif menggelar berbagai kegiatan keagamaan seperti pelaksanaan MTQ dari tingkat Kota sampai ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.
 
Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya saat membuka MTQ tingkat Kecamatan Jambi Timur, Rabu (23/3) mengatakan, bahwa kegiatan keagamaan seperti MTQ di tingkat Kelurahan dan Kecamatan selaras dengan Visi dan Misi Kota Jambi Bangkit untuk menciptakan generasi yang berakhlak dan berbudaya.

"Perhelatan Musabaqah ini adalah bagian dari misi untuk mencapai visi Kota Jambi dalam menciptakan generasi yang berakhlak dan berbudaya, itulah generasi Qurani," ujarnya.

Ia juga mengatakan, MTQ tersebut selain dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, juga sebagai sarana meningkatkan ukhuwah Islamiyah masyarakat di Kecamatan Jambi Timur.

Kepada sejumlah wartawan, Wali Kota juga mengatakan MTQ sebagai wahana syiar Islam yang khas di Kota Jambi. Ia juga merasa bangga karena MTQ juga melahirkan semangat sosial keagamaan dan gotong royong umat.

"Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) juga sebagai upaya menyuguhkan nuansa kehangatan spiritualitas dan pesona budaya keagamaan khas Indonesia termasuk budaya masyarakat kita di Kota Jambi ini. Bagi kita MTQ tidak hanya menjadi cermin kesalihan spiritual, tetapi juga amat kental dengan gambaran aktifitas sosial keagamaan. Hal ini tergambar manakala hampir seluruh komponen umat terlibat dalam kegiatan tersebut secara tulus dan memfungsikannya sebagai wahana syiar Islam dengan aroma budaya lokal yang Islami di Kecamatan Jambi Timur ini," ungkapnya.

Lebih dari itu Fasha juga berharap penyelenggaraan MTQ dapat membangkitkan gairah dan motivasi yang kuat bagi generasi muda untuk senantiasa memelihara kesucian dan meningkatkan kecintaan kepada kitab suci Al-Qur’an melalui pembudayaan membaca, menghafal, memahami, serta berupaya mengamalkan isi dan kandungannya dalam kehidupan yang sesungguhnya baik sebagai individu maupun dalam bermasyarakat.

Sementara itu Camat Jambi Timur Rahmat Sugiarto mengatakan, perhelatan MTQ yang ke-47 ini, diikuti utusan dari 9 Kelurahan se Kecamatan Jambi Timur dengan memperlombakan 11 cabang. Kegiatan ini juga sebagai upaya penyeleksian qori'-qori'ah terbaik yang akan mewakili Kecamatan Jambi Timur dalam ajang MTQ tingkat Kota Jambi yang akan datang.

Acara pembukaan MTQ yang digelar di masjid Darussalam Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur, dari tanggal 23 hingga 26 Maret tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sartono, Anggota DPRD Sutiono, Sekretaris Daerah H. Daru Pratomo, Staf Ahli Walikota, Kabang Kesra, Kabag Humas dan Protokol serta para Camat se-Kota Jambi.(tim-jt)