News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Yohana S. Yembise: Ibu Pelindung Anak Papua

Yohana S. Yembise: Ibu Pelindung Anak Papua


The Jambi Times - Jakarta - Yohana lahir di Manokwari, Papua Barat, 1 Oktober 1958. Saat ini, dia mengajar di Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih. Yo, demikian dia biasa disapa, meraih gelar Doctor of Philosophy dari University of Newcastle Australia.
Gelar tersebut mengantar Yo menjadi perempuan Papua pertama yang mencapai pendidikan formal tertinggi. Kini namanya tercatat sebagai profesor doktor di Universitas Cenderawasih. Kondisi Papua yang masih terbelakang dibanding wilayah lain di Indonesia menjadikan gelar doktor yang diraih Yo membuktikan bahwa dia layak menjadi  inspirasi bagi masyarakat, terutama perempuan Papua.

"Ibu Yohana ini perempuan Papua pertama di Papua yang menjadi Profesor. Semoga kehadirannya di kabinet sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mampu memberi inspirasi bagi perempuan yang lain," ujar Presiden Joko Widodo saat mengumumkan susunan kabinetnya.

Yo adalah perempuan yang berani keluar dari himpitan dan keterbatasan kebiasaan dan kultur Papua. Ibu tiga anak ini dipilih karena dinilai mampu mendorong pemberdayaan perempuan dan melindungi anak-anak dari keterbatasan dan kesulitan yang mereka hadapi.

Sederet pengalaman di dalam maupun luar negeri yang bersentuhan dengan dunia pendidikan bagi anak usia sekolah dia miliki. Salah satunya menjadi Ketua Tim Seleksi Guru Bahasa Inggris SMP, SMK dan SMA di Kabupaten Merauke untuk persiapan pengiriman guru bahasa Inggris ke Sunshine Coast University Australia. (gen/ded/cnni)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.