Terpopuler

Back to Top

Video

Obyek Wisata Tebo

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times
The Jambi Times - Tebo - Objek Wisata di Kabupaten TEBO. Kabupaten Tebo ibukotanya Muara Tebo terletak + 21O km dari Kota Jambi

Lihat Juga Liputan :Air Terjun di Tebo
OBJEK WISATA ALAM



1. TN. Bukit Tiga Pu1uh (TNBT)
Luas TNBT 127.698 ha. dan tidak kurang dari 33.000 ha. berada diwilayah Jambi tepatnya 28.000 ha berada dalam kawasan Kabupaten Bugo Tebo dan selebihnya dalam wilayah Tanjung Jabung Barat.
Taman Nasional ini merupakan kawasan hutan lindung yang mempunyai beragam jenis habitat tumbuhan dan binatang. Selain itu disekitar kawasan tempat tinggal komunitas Talang Mamak, suku Kubu dan petani tradisional Melayu.
Potensi yang terdapat dalam kawasan meliputi :
  • Panorama alam
  • Keanekaragaman flora dunia yang ada 660 spesies tumbuh-tumbuhan termasuk 246 tumbuhan khas jenis flora langka adalah Cendawan Muka Rimau (Rafflesia haseltii), manau kalui (Iguanura sp), Salo (Johannestejs mannia altifrous). Mapau (Pinangga multifora).
  • Keanekaragaman fauna dimana ditemui 59 spesies mamalia yang diantaranya terancam punah seperti Harimau Sumatra (pantera tigris sumatranentis), gajah sumatra ( elephes maximus), tapis melayu (tapitus indicus), siamang (Hylobates synductylus). Ditemui pula 192 jenis burung atau 1/3 dari jumlah spesies burung yang ada di Sumatera, 5 jenis primata dan 16 dari 18 jenis kelelawar.
  • Kuburan keramat
  • Habitat Rafflesia Hasseltii (Cendawan Muko Rimau)
  • Panorama geologi.
Disamping itu masih ada tempat dalam kawasan penyangga TNBT yang mempunyai potensi objek wisata yaitu :
  • Pemunyian, air terjun Bulian Berdarah
  • Semabu, Rafflesia Haseltii, air terjun, gua dan panorama Batang Sumay.
  • Desa Muaro Sekalo. Ada makam keramat, air terjun Pancuran Gading, sarang burung walet, habitat ikan kleso (arwana) di sungai Mangatai.
  • Lubuk Madrasah menyimpan Batu Menangis, gua alam dan dibangunan utamanya ditemukan hutan bulian dan air terjun.
  • Situs Candi Gedong di Desa Tuo Sumay.

2. Kebun Raya Bukit Sari
Kebun Raya Bukit Sari dengan luas 300 ha. terletak lebih kurang 15 km arah Jambi di Sungai Bengkal atau 1,22 km dari Muaro Bungo atau 138 km dari Jambi. Dalam Kebun Raya Bukit Sari ini terdapat tidak kurang dari 50 spesies flora diantaranya kayu meranti, kulim, marsawa, kewat dan keruang. Dengan tipe ekosistem hutan tropika basah dataran rendah. Lokasi sangat mudah dicapai karena letaknya yang strategis dipinggir jalan lintas tengah dari Jambi ke Muaro Bungo. Didalam kebun raya ini sudah dibangun jalan setapak untuk mempermudah kunjungan.

Diluar kawasan kebun raya Bukit Sari masih ada objek lainnya yang sangat mempesona yaitu :
Sumber air panas.

Sumber air panas ini terletak 1,5 km arah utara kelurahan Sungai Bengkal. Luas arealnya lebuh kurang 6,5 ha. yang terdiri dari beberapa kolam alam berdiameter kurang lebih 2 meter persegi. Air terjun Bukit Karendo Desa Lubuk Madrasah lebih kurang 30 km di ibukota kecamatan, ketinggiannya 8 meter dengan permukaan 1 meter.


3. Bio Tropis PT. IFA
Areal HPH PT.IFA dikelompokkan kedalam 3 bagian hutan yaitu:

Rengat (Provinsi Riau) seluas 70.000 ha. unit Pasir Mayang seluas 136.000 ha. dan Dusun Aro seluas 42.000 ha. Keduanya berada di Provinsi Jambi. Dari luasan tersebut, 27.000 ha. akan ditetapkan sebagai areal penelitian. Dari areal 27.OOO ha. itu terdapat hutan perawan 30 ha. dan sisanya bekas tebangan tahun 1979/1980 dan tahun 1983/1984. Kawasan HPH PT. IFA secara administratif termasuk dalam Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo. Kawasan hutan ini diapit oleh sungai besar yakni Sungai Kuantan sebelah utara dan Sungai Batang Hari sebelah selatan.

Jenis pohon yang sering ditemui adalah Dipterocarpus crinitus, dipterocarpus lowii, shorea parvivolia, hopea dryobalanoides, anisoptera SP, dialium SP, koompasia malacensia dan dyera costulata. Jenis pohon yang sering terdapat diareal hutan sekunder adalah macaranga gigantea, macaranga hosei, macaranga hypoleuca, macaranga javanica, macaranga trichovarpa, mollotus marotachya, mollotus paniculatus,dan beberapa famili fiscus SPP (Moraceae), anthocipalus chinencis (ribiaceae), octamelia sumatrana (datistaceae) dan compnosperma auriulatum (anacardiaceae). Selain itu juga ditemui beberapa jenis rotan khususnya calamus caesius.

Beberapa jenis lainnya seperti artabotrys gracilis, fissistigina kentii dan oxymitra biglandulosa dan famili annonaceae, willughbeia temeiflora (apocynaceae), aglecia marophylla (connarceae), tetracera SPP (dilleniaeae),sarcostigma paniculata (icacinaceae), milletia SPP (leguminose), ficus SPP (rnoraceae), strychnos SPP (loganiaceae) dan uncaria SPP (rubiaceae).

Binatang yang sering ditemui langsung atau tidak langsung dan hanya dari bekas tapaknya adalah tapir, rusa, babi hutan, gajah dan harimau sumatera.

Masyarakat di Pasir Mayang menyebutkan sarana yang ada seperti "istana dalam rimba" . Betapa tidak, pihak perusahaan telah menyediakan sarana laboratorium alam untuk analisis vegetasi, laboratorium jaringan, tempat mengianp dengan fasilitas yang nyaman dengan sarana listrik dan transportasi darat. Istana Litbang Dalam Rimba terletak di Pasir Mayang kabupaten Muara Tebo yang berjarak sekitar 250 km disebelah barat Kota Jambi.

4. Hutan Silvagama
Kawasan ini merupakan hutan ex. HPH Silvagama yang terletak diDesa Aburan Batang Tebo Kecamatan Tebo Tengah seluas 175 ha. Hutan Silvagama merupakan hutan yang dijadikan model pengelolaan hutan produksi oleh masyarakat tradisional di desa yang diprakarsai oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada dan Yayasan Warung Informasi Konservasi (WARSI) sebagai perwujudan sumber daya alam berbasis masyarakat serta bentuk model implementasi pelaksanaan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 677 Tahun 1998.

5. Danau Sigombak
Danau Sigombak terletak di Desa Teluk Jambu Kecamatan Tebo Ulu 30 km dari kota Muaro Tebo dengan luas lebih kurang 40 ha. Danau ini merupakan danau alam yang dikombinasi dengan buatan manusia. Dikatakan alam karena danau ini terbentuk karena aliran sungai Bulian yang membentuk lubuk. Oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama "Lubuk Tilam Putih". Dikatakan buatan karena perluasan danau tersebut telah dibuat dam yang berfungsi untuk membendung sungai Bulian sehingga danau menjadi lebih luas. Dan yang lebih menarik di tengah danau ini terdapat sebuah pulau Sigombak yang dihuni oleh berbagai satwa terutama kera. Disamping parnorama alam yang indah dan sejuk, danau ini dapat juga dilakukan kegiatan perkemahan, perahu, memancing dan mandi serta rekreasi lainnya.
OBJEK WISATA BUDAYA

6. Makam Sultan Thaha Saifuddin
Makam Sultan Thaha Saiffudin terletak di kota Muara tebo 200 km dari kota Jambi. Sultan Thaha Saifuddin bergelar Pangeran Ratu Jayaningrat adalah Raja/Sultan terakhir dari Melayu / keturunan Jambi atau generasi ke 17 dari Putri Pinang Masak. Pada tahun 1858 ia menyingkir dari keraton Tanah Pilih yang telah diduduki belanda dan meyatakan perang terhadap Belanda hingga ia gugur pada tahun 1904. Berdasarkan Keppres No. 079/PK/77 tanggal 1Desember 1977 Sultan Thaha Saifuddin dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional dari daerah Jambi.Tinggalan Istana perjuangannya berupa tonggak, kolam dan benteng tanah dapat dilihat di tanah garo.(***)