Terpopuler

Back to Top

Video

Candi Muaro Jambi

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan website portal Berita
http://www.idwebdesain.com

Ads by Iklan The Jambi Times


The Jambi Times - Jambi - Situs Kepurbakalaan Muarojambi merupakan tempat peninggalan purbakala terluas di Indonesia, membentang dari Barat ke Timur sejauh 7,5 km di Tepian Sungai Batang Hari dengan luas kurang lebih 12 kilometer persegi. Sebagian kecil berada di Barat Sungai Batang Hari. Tinggalan di sisi Timur Sungai masuk wilayah administratif Desa Muarojambi dan Desa Danau Lamo. Sedangkan di Barat Sungai berada di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muarojambi.

Situs Purbakala Kompleks Percandian Muarojambi terletak sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi di tanggul alam kuno Sungai Batanghari. Situs ini mempunyai luas 12 km persegi, panjang lebih dari 7 kilometer serta luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Situs ini berisi 61 candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah (menapo) yang belum diokupasi. Dalam kompleks percandian ini terdapat pula beberapa bangunan pengaruh agama Hindu.

 Candi Muarojambi diperkirakan berasal dari abad ke-11 M dibangun pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Candi Muarojambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Situs Percandian Muarojambi merupakan satu kawasan kompleks pusat pendidikan Agama Budha.

Candi Muarojambi merupakan warisan budaya bernilai tinggi dimana bangunan-bangunan candi dan bekas reruntuhannya menunjukkan bahwa di masa lalu Percandian Muarojambi pernah menjadi pusat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana.  Hal ini terlihat dari ragam temuan sarana ritual seperti, Arca Prajnaparamita, reruntuhan stupa, arca gajah singha, wajra besi serta tulisan-tulisan mantra yang dipahatkan pada lempengan emas atau digoreskan pada bata. Diantara bata-bata yang bertulis terdapat suku kata 'Wijaksana'’, kemudian sebutan 'wajra' pada lempengan emas, serta aksara nagari pada batu permata berbunyi 'tra-tra'. 

 Penemuan lain berupa manik-manik, perhiasan, tembikar, pecahan genting, dan sisa-sisa peralatan rumah tangga yang menunjukkan bahwa kawasan yang mengelilingi kompleks percandian ini juga pernah menjadi kawasan pemukiman, diduga kuat merupakan tempat bermukimnya para biksu dan pelajar Budha di masa lalu.

Selain itu, di situs ini juga ditemukan peninggalan berupa keramik dari Cina masa Dinasti Song (abad ke 11-12 Masehi), yang mengindikasikan adanya hubungan internasional yang telah terjadi pada masa itu. Sementara penemuan keramik Eropa abad ke-19 membenarkan adanya ekskavasi yang pernah dilakukan oleh Perwira Inggris dan sarjana Belanda abad ke 19-20.

Berdasarkan aksara Jawa Kuno pada beberapa lempeng peninggalan diperkirakan berkisar dari abad ke-9-12 Masehi. Di situs ini baru sembilan bangunan yang telah dipugar dan kesemuanya bercorak Buddhisme. Kesembilan candi tersebut adalah Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Kembar Batu, dan Candi Astano. Dari sekian banyaknya penemuan yang ada daerah itu diperkirakan dahulu wilayah ini menjadi tempat bertemunya berbagai budaya. Ada manik-manik yang berasal dari Persia, Republik Rakyat Cina, dan India. Agama Buddha Mahayana Tantrayana diduga menjadi agama mayoritas dengan diketemukannya lempeng-lempeng bertuliskan "wajra" pada beberapa candi yang membentuk mandala.

Di dalam kompleks situs tidak hanya terdapat candi tapi juga menyimpan aneka artefak kuno seperti arca, keramik, manik-mani, mata uang kuno dll. Ada 8 kompleks percandian, kolam kuno, yang oleh penduduk setempat dinamai Kolam Telago Rajo, serta diperkirakan lebih dari 60 buah menapo yaitu gundukan tanah reruntuhan sisa bangunan kuno

 Pada mulanya situs Muarojambi tidak banyak dikenal orang dan hanya diketahui penduduk setempat. Baru pada tahun 1820, secara terbatas situs ini mulai terungkap setelah kedatangan S.C. Crooke, seorang perwira Inggris ketika bertugas untuk pemetaan Sungai Batanghari.  Ia mendapat laporan dari penduduk setempat tentang adanya peninggalan kuno di Desa Muarojambi. Selanjutnya tahun 1935-1936, seorang sarjana Belanda yang bernama F.M. Schnitger, dalam ekspedisi purbakalanya di wilayah Sumatera sempat melakukan penggalian terhadap situs Muarojambi. Sejak itu Muarojambi mulai dikenal dan mulai 1976 sampai saat ini, secara serius dan bertahap, dilakukan penelitian dan preservasi arkeologi untuk menyelamatkan situs dan peninggalan bersejarah di situs Muarojambi ini. Candi ini saat ditemukan merupakan batu merah yang tetumpuk. Beberapa tertumpuk membentuk stupa seperti layaknya candi Budha lainnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi telah mendaftarkan Candi Muarojambi sebagai salah satu warisan dunia ke organisasi internasional Unesco di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Langkah ini merupakan upaya untuk menjadikan situs Candi Muarojambi sebagai salah satu warisan dunia. Nomor registrasi untuk Candi Muarojambi adalah 5695, bahkan Candi Muarojambi sudah menjadi nomor satu dari sekian banyak kekayaan budaya di Indonesia yang diajukan ke Unesco sebagai warisan dunia. Dampak positif dari pengajuan ini kawasan kunjungan wisata akan meningkat di Provinsi Jambi. Selain itu, sastrawan, ilmuan, dan para penulis akan banyak berdatangan untuk meneliti dan menulis tentang candi ini.

Sejak pertengahan tahun 2007, usaha pemugaran dan pembangunan candi dari reruntuhan menapo berhasil ditemukan kembali dilakukan. Pemanfaatan kembali situs ini sebagai bagian dari upacara hari-hari besar keagamaan Agama Budha telah dilaksanakan, bahkan situs ini menjadi pusat pelaksanaan perayaan Waisak yang masuk dalam agenda Nasional disamping Borobudur.



Aktivitas

Kuliner, Akomodasi, Kegiatan

Masyarakat Jambi melekat erat dengan adat dan tradisinya, di sini Anda akan mendapatkan beragam santapan, mulai dari jajanan hingga masakan tradisional yang hanya Anda dapat di Jambi seperti tempoyak dan tep├ęk. Tentunya ada juga hidangan bertaraf internasional di beberapa restaurant dan hotel berbintang.
Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat. Selain tempoyak bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan Gulai Ikan Patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih.
Padamaran, makanan ini terbuat dari tepung beras, santan dan gula merah sebagai pemanis. Bahan-bahan ini kemudian ditempatkan di sebuah cup yang terbuat dari daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Warna hijau dan aroma yang khas dari makanan ini berasal dari daun pandan yang ditumbuk dan diambil sarinya.
Dendeng Batokok adalah irisan daging sapi yang direbus dalam air kelapa yang telah dibumbui bawang putih dan jahe. Air kelapa berguna untuk mengempukan daging. Setelah cukup empuk daging ditiriskan lalu di memerkan dengan cara dipukul-pukul dengan palu,selanjutnya daging ini dibakar. Setelah matang daging ini dicampur dengan sambal merah. Masakan ini berasal dari Kabupaten Kerinci, kawasan dataran tinggi di Provinsi Jambi. Masakan ini sangat cocok dimakan bersama nasi dari beras payo.
Nasi Minyak adalah beras yang dimasak bersama susu, saos tomat, minyak samin dan rempah-rempah seperti jahe, jintan manis, jintan putih, kayu manis dan cengkih. Pengaruh masakan Arab terasa sangat kental pada makanan ini. Nasi minyak biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, acara cukuran anak dan acara khusus lainnya. Nasi minyak ini disajikan bersama dengan kari sapi atau ayam dengan tambahan acar timun, sambal nanas, kerupuk udang dan taburan bawang goreng.

International Restaurant 
Jalan Raden Mattaher Telp: +62-741- 24189
Makanan Spesial: Masakan Cina

Pondok Lesehan Nan Tongga
Jalan KH Agus Salim Telp: +62-741-444100

Aneka Rasa Restaurant 
Jalan Mpu Gandring 75 A Telp +62-741-60598
Makanan Spesial: Pindang Patin

Pagi Sore Restaurant 
Jalan Kol Abunjani Telp: +62-741-66866
Makanan Spesial: Padang Cuisine

Tanggo Rajo Riverside Park
Near Jambi Governor Resicende

Restaurant Bumi Pasundan  
Jl. Slamet Riyadi, Solok Sipin, Broni

Restaurant Pondok Cendana Mulia
(Lesehan, masakan Indonesia, 64 kursi)  
Jl. Kol. M. Taher, Wijaya Pura

Restaurant Nan Tongga
(Masakan Indonesia, 50 kursi)  
Jl. H. Agus Salim 7, Kota Baru
Telp : (0741) 444-100

Restaurant Sari Wangi
(Masakan Indonesia, 60 kursi)  
Jl. Soekarno-Hatta No. 9B, Thehok

Restaurant Happy Family    
Jl. Prof. M. Yamin 88, Lebak Bandung
Telp : (0741) 20544

Restaurant Citra
(Masakan Indonesia, 50 kursi)  
Jl. Soekarno-Hatta No. 4, Paal Merah

Restaurant Rio  
Jl. May. Kwarta Wirana No.221, Budiman

Restaurant Lido Palace
(Masakan Indonesia, 300 kursi)  
Jl. P. Diponegoro, Simp. Jelutung
Telp : (0741) 20254

Restaurant Kedaton    
Jl. Adam Malik, Kebun Handil

Restaurant Ibu Heni    
Jl. Jend. Sudirman

Jump Bee Squce  
Talang Banjar, Jambi Timur

Restaurant Batanghari
(Masakan Indonesia, 300 kursi)
Jl. Dr. Siwabessy 1, Telp : (0741) 64588

Restaurant Pinang Masak
(Masakan Indonesia, 40 kursi)  
Jl. Sultan Agung 67

Restaurant Tabgha Pondok Kuring
(Masakan Indonesia, 80 kursi)  
Jl. Sultan Agung 6, Telp : (0741) 22939

Restaurant Sipin
(Masakan Indonesia, 40 kursi)  
Jl. Slamet Riyadi, Telp : (0741) 667-788

Restaurant Gajah Mada
(Masakan Indonesia, 65 kursi)  
Jl. Sultan Iskandar Muda 61

Restaurant Terkenal (24 kursi)
Jl. Mr. Asaat No. 124

Restaurant International (72 kursi)  
Jl. Rd. Mattaher, Telp : (0741) 24897

Restaurant Hollywood  
Jl. Veteran No. 9

Restaurant Jumbo (64 kursi)  
Jl. Dr. Wahidin, Pasar Jambi

Restaurant Holala  
Jl. Mr. Assa'at No. 8, Pasar Jambi

Restaurant Lucky Star    
Jl. Jend. Sudirman, Talang Jauh, Jelutung

Restaurant Hongkong (32 kursi)  
Jl. Gatot Subroto 28

Restaurant Shanghay (160 kursi)    
Jl. Gatot Subroto

Beberapa produk makanan dan minuman yang diproduksi baik secara tradisional maupun modern di Kota Jambi, diantaranya berikut ini.

Dodol Nenas Tulimario
Jl. M. Said I/72, Telp : (0741) 52962

Mamaseh Perus Dodol Nenas
Jl. M. Said II/11, Telp : (0741) 52953

Minuman Kemasan (Syrup, Lemonade, Sarsaparilla)    
Jl. Camar II/15, Telp : (0741) 23995
Jl. M. Roem 16, Telp : (0741) 33823
Jl. M. Roem, Telp : (0741) 33814

Kopi NEFO
Jl. RW Monginsidi 17, Telp : (0741) 23101
Jl. Orang Kayo Pingai RT.03, Telp : (0741) 571-033

Kopi "Ayam Ras" Kebon Kopi
Highland Tea "Kajoe Aro”
PTPN IV, Kerinci-Jambi

Kecap "Dua Ayam"    Pabrik Kecap Dua Ayam,
Jl. Orang Kayo Pingai 45, Telp : (0741) 571-368
 
Pusat jajanan, restoran, roti dan pempek, tersebar luas di pelosok Kota Jambi, antara lain :

Jambi Prima Mall (JPM) Food Court    
Jl. Sudirman, JPM Lt. 3

Kapuk Mall Food City    
Jl. MH Thamrin No. 18, Kapuk Mall

Dast Ramayana Food Court    
Jl. Sultan Taha No.17

WTC Food Court  
Jl. Sultan Taha No.17

Matahari Food Bazaar    
Jl. Gatot Subroto, Komp. Hotel Novotel

Pujasera Jelutung Corner    
Jl. Hayam Wuruk, Simp. Puncak, Jelutung

Pujasera Mayang Sari    
Jl. Mr. Assa'at, Pasar Jambi

Pempek Sumsel  
Jl. Orang Kayo Hitam 7, Talang Banjar
Telp : (0741) 51457

Pempek Selamat I
Jl. S. Brojonegoro

Pempek Selamat II
Jl. Jend. Sudirman

Pempek 888
Jl. Orang Kayo Hitam, Talang Banjar

Pempek Pak Raden
Jl. Jend. Sudirman 33/9,
Telp : (0741) 32183

Pempek Asiong    
Jl. Orang Kayo Hitam, Talang Banjar

Transportasi
Situs Percandian Muarojambi terletak di Desa Muarojambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi. Dari Kota Jambi, situs ini lebih kurang berjarak 40 kilometer dan dapat ditempuh melalui jalan darat atau sungai dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Untuk mencapai lokasi Percandian Muaro Jambi, perjalanan bisa ditempuh melalui jalur darat dan jalur sungai. Jika melalui jalur sungai, lama perjalanan lebih kurang 20 menit dengan menggunakan speed boat. Sedangkan jalur darat, perjalanan dapat ditempuh melalui 2 akses. Akses pertama perjalanan dimulai dari Kodya Jambi ke Jembatan Aur Duri menuju Olak Kemang dan ke lokasi objek wisata. Akses kedua, perjalanan dimulai dari Kodya Jambi ke Jembatan Aur Duri menuju Simpang Jambi Kecil dan ke lokasi objek wisata.

BUS DAN TRAVEL:
JAMBI TRANSPORT
Jalan Samsudin Uban 03 Telp: +62+741-66123
Route: Jambi-Jakarta

TOP
Jalan Hos Cokro Aminoto Telp.: +62-741-40653
Route: Jambi, Palembang, Bengkulu

RATU INTAN PERMATA
Jalan Prof M Yamin Telp. : +62-741-61351
Route: Jambi, Palembang, Pekanbaru, Lampung

SAFA MARWA
Jalan Pattimura 70 Telp: +62-741-65756
Route: Jambi, Kerinci, Muaro Bungo, Padang

PENERBANGAN
Garuda Indonesia
(www.garuda-indonesia.com): 2x penerbangan/hari

Mandala Airlines
(www.mandalaair.com): 4x penerbangan/hari

Sriwijaya Air
(www.sriwijayaair-online.com) : 4x penerbangan/hari

Lion Air
(www.lionair.co.id) : 4x penerbangan/hari

Batavia Air
(www.batavia-air.co.id) : 4x penerbangan/hari

Route Jambi-Batam
Sriwijaya Air : 2x Flights/day (setiap hari)
  
Kartika Airline: 4x Flights (setiap minggu)(it)