News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pimpin Upacara , Bupati Safrial : Teruslah Berkreasi dan Berkaya

Pimpin Upacara , Bupati Safrial : Teruslah Berkreasi dan Berkaya


The Jambi Times, KUALATUNGKAL | Bupati Tanjab Barat  Safrial, MS pimpin upacara Hari Pramuka ke 58 tahun 2019 Kwarcab gerakan Pramuka Tanjab Barat, Rabu (14/8/19) di halaman Kantor Bupati Tanjab Barat.

Hadir dalam upacara tersebut yakni, Ketua DPRD Tanjab Barat, Pj Sekda Tanjab Barat, Kasdim 0419/ Tanjab, Kasat Binmas Polres Tanjab Barat, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjab Barat, Ketua TP PKK Tanjab Barat, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD Tanjab Barat, Ketua Harian Kwarcab Tanjab Barat, Para Pelatih dan Andalan Cabang Kwarcab Tanjab Barat, Para Pimpinan, Pembina dan Instruktur Satuan Karya, Para Pembina dan Andalan Ranting Kwaran Tungkal Ilir, Para Kamabigus dan Pembina Pramuka se-Kuala Tungkal.

Selain itu upacara juga diikuti oleh pasukan upacara yang terdiri dari unsur Pramuka Penegak dan Pandega dari SMA sederajat se-Kuala Tungkal, Pramuka Penggalang dari SMP sederajat se-Kuala Tungkal dan Pramuka Penggalang dari SD sederajat se-Kuala Tungkal.


Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, menyampaikan Selamat Hari Pramuka yang ke 58, semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. “Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membangun keutuhan NKRI.  Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya pencetusan komitmen gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

Kata Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “Sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

“Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

Jadi, teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang.

“Ingatlah selalu hymne Pramuka bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa dan Pancasila adalah rumah kita bersama,” ujar Bupati saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan atraksi senam Semapur oleh Panggalang dari SMP N 1 Kuala Tungkal, Pengumuman Pemenang Lomba tingkat Pramuka Pengalang, Penegak dan Pandega serta Pemberian hadiah Pemenang Lomba. (Cr9)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.