News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Deklarasi Teman Juara, Berpartisipasi di Era SDM Unggul, Inovasi dan Industri 4 0

Deklarasi Teman Juara, Berpartisipasi di Era SDM Unggul, Inovasi dan Industri 4 0

 
The Jambi Times, JAKARTA | Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. 

Dalam pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, pada hari Jumat  16 Agustus 2019 memiliki poin penting tentang Pemberdayaan SDM Unggul untuk Inovasi.

Di dalam pidatonya ini, presiden Jokowi menegaskan pentingnya meningkatkan SDM yang ada di Indonesia. Dengan SDM yang berkualitas diharapkan mampu menciptakan inovasi baru untuk bersiap menghadapi  ekonomi global.

Berdasarkan fakta dan paparan di atas, hari ini, Sabtu, 24 Agustus 2019 di Kopi Bang Prend, Kemang Utara Nomor 22, Jakarta Selatan berlangsung Deklarasi Teman Juara.

Menurut Samsul B. Ibrahim, Ketua Umum Teman Juara, memiliki latar belakang dengan mengamati potensi Kearifan Lokal, Pariwisata, Meningkatkan terciptanya kewirausahaan dan menumbuhkan potensi desa Wisata.

Sementara Andre JO. Sumual, Ketua Dewan Pengarah Teman Juara menjelaskan berdasarkan kekayaan dan budaya Indonesia menjadi komponen penting yang akan dilakukan Teman Juara untuk menciptakan dan menumbuhkan semangat juara diberbagai bidang.

Andre menegaskan kehadiran Teman Juara seiring dengan pidato Presiden tentang Era SDM Unggul, Inovasi dan Industri 4.0. 

"Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidakpahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi, digital, wisata, pengembangan desa dan sebagainya," kata Andre.

Adapun Samsul, dengan mewadahi kreasi generasi muda Teman Juara akan mempromosikan, menciptakan tren dan membuat generasi muda bangga sebagai kreator muda. 

"Karena secara  tracffict daerah yang belum  terjamah digital dan kurang diminati pariwisatanya.Teman Juara akan merespon dan melibatkan dengan  kehadiran para komunitas sejenis yang membuat sense of  supaya  kuat dan modern," ujar Samsul panjang lebar.

Samsul juga menegaskan dengan deklarasi Teman Juara mengajak anak muda, Kalangan Milenials untuk mengoptimalkan peran dan partisipasi ini.

Menurut Samsul, Teman Juara akan menjadi creator  untuk mempromosikan tempat pariwisata dan budaya dan daerahnya masing-masing.

Samsul menegaskan sesuai visinya, Teman Juara menggerakan generasi  muda dan  Milenial yang optimis untuk cinta,  daerah dan menginformasikannya dan ikut berperan dalam pembangunan optimis INDONESIA MAJU.

Lebih gamblang Samsul juga memaparkan sesuai visi Teman Juara yang mendukung Program pemerintah ‘Desa Mandiri’ untuk membantu mempromosikan program tersebut ke era digital.

Kedepannya, Teman Juara akan terbuka kesempatan bermitra dan berkolaborasi dengan Pemerintah (misalnya Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian UMKM, dan Kementerian Desa). 

"Ini akan menjadi sinergi dan harmonisasi penting dengan semangat Teman Juara," kata Samsul.

Ke depannya, menurut Samsul Teman Juara akan membantu program pemerintah terbentuknya UMKM dalam  mempercepat pertumbuhan ekonomi desa dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan daerah daerah kecil yang belum terjamah publik.

Selanjutnya, Samsul juga mengatakan, Teman Juara membantu program pemerintah menangkal paham radikal, in toleran, dan SARA,  dengan menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebhinekaan pada generasi muda.

Dalam Deklarasi ini juga berlangsung Ngobrol Bareng  Teman Juara: Juara di  Industri 4.0 menghadirkan narasumber: Tyovan Ari Widagdo (Inovator CEO Bahaso), Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri MS, (Akademisi), Reza Pahlevi (Kemenpar Republik Indonesia), Dochi Sadega, (Musisi, Pengusaha),  Bunga Jelitha (Puteri Indonesia 2017), Samsul B. Ibrahim (Ketua Umum Teman Juara) dan Andre Opa Sumual (Moderator). (**)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.