Wali Kota Jambi

Gubernur Jambi

Selamat Idul Fitri 2019

Terpopuler

Back to Top
Loading...

Video

Kementerian PANRB Beri Target Kabupaten Tanah Bumbu Raih Predikat BB SAKIP

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times


The Jambi Times. JAKARTA  | Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh memberi target kepada Kabupaten Tanah Bumbu, agar dapat memperoleh predikat BB dalam menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di wilayahnya tahun 2019 ini.

“Targetkan minimal BB tahun ini. Kalau yang lain bisa, Kabupaten Tanah Bumbu juga pasti bisa,” ujarnya dalam acara Workshop Penguatan Sakip Pemkab Tanah Bumbu Tahun 2019, di Kantor Kementerian PANRB, Selasa (30/04).

Ateh mengatakan bahwa SAKIP bukan hanya sekedar dokumen atau laporan semata, lebih dari itu SAKIP bermanfaat untuk membangun sebuah pemerintahan yang menghasilkan. Selain itu, dengan SAKIP anggaran yang terbatas pada suatu daerah bisa menghadirkan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembangunan daerah ataupun bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Disampaikan, terdapat tiga kunci utama dalam melakukan perubahan, pertama adanya tekad serta komitmen dari daerah itu sendiri untuk melakukan perubahan. Dengan tekad melakukan perubahan, maka segenap penyelenggara negara akan memiliki tujuan yang sama, yaitu melakukan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat.

Kunci utama yang kedua adalah ilmu, dimana dengan ilmu pemerintah daerah dapat mempelajari segala macam hal, serta melakukan studi tiru pada daerah lain yang dapat berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pada daerah tersebut. Kemudian yang ketiga adalah memiliki kepentingan hanya untuk masyarakat luas.

Lanjutnya dijelaskan melalui penerapan SAKIP mampu mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat, karena program-program yang dilaksanakan menjadi lebih fokus dan kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan visi dan misi pun dipangkas.

Selain itu, dengan implementasi SAKIP, tata kelola setiap instansi pemerintah dapat ditunjukkan, bagaimana pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran, budget saving, outcome yang bermanfaat bagi masyarakat, dan pada akhirnya bermuara pada perbaikan kualitas pelayanan publik.

Pada kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor mengatakan bahwa melalui kegiatan workshop di Kantor Kementerian PANRB dapat mendorong komitmen para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwilayahnya untuk melakukan efisiensi anggaran dengan memangkas kegiatan yang dianggap tidak perlu agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2019, pihaknya berencana memangkas ratusan program dan kegiatan yang dianggap kurang tepat dan tidak efektif. Lebih lanjut ia menargetkan predikat BB ditahun 2019 dan predikat A ditahun-tahun yang akan datang dalam menerapkan SAKIP, dimana di tahun 2018 memperoleh predikat B. (byu/HUMAS MENPANRB)

Loading...
loading...