News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Jembatan Su'a Desa Edalode Bukan Jembatan Su'a Yang Putus

Jembatan Su'a Desa Edalode Bukan Jembatan Su'a Yang Putus

ROTE NDAO   l Akses jalan alternatif Su'a Desa Edalode  Kecamatan Pantai Baru putus, akibatnya akses jalan yang juga jalan alternatif lansung diperbaiki kembali oleh pihak kontraktor.

Akibat kondisi ini, kendaraan roda dua Roda empat tidak bisa lewat lagi dalam waktu beberapa Jam.

Ia mengatakan saat ini warga sudah melintas dari kemaren hingga hari ini dengan menggunakan jalan alternatif, dan untuk jembatan dementara di kerjakan.

" Jadi bukan jembatan yang putus ,tapi  yang putus itu jalan alternatifnya, maka sesuai pemberitaan kemaren di beberapa media online itu salah paham aja, " ungkap Toni Luis Kepada The Jambi Times, Sabtu (1/12/2018) pagi.

Sejumlah warga tengah menyoroti jembatan Su’a yang terletak di Desa Edalode, Kabupaten Rote Ndao, pada Jumat (30/11) siang, terputus akibat tergerus air.

Akibatnya, jalur transportasi yang menghubungkan antar kecamatan di wilayah tersebut menjadi lumpuh.

Padahal, jembatan tersebut baru saja dibangun. Peristiwa itu pun menimbulkan tanya bagi masyarakat setempat.

Pasalnya, nilai proyek pembangunan jembatan yang menghabiskan anggaran Rp 5.921.200.000. (Lima milyar sembilan tatus dua puluh satu juta dua ratus rupiah) itu, kini belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sementara itu salah satu akademisi tekhnik sipil yang enggan namanya disebut mengatakan, " Rekanan tidak bisa serta-merta hanya melakukan penambalan.

Dia menyebut mesti ada uji mutu terlebih dahulu sebelum makin jauh pengerjaan proyek tersebut.

Uji mutu menurutnya bisa saja dilakukan oleh tim independent  jika tidak sesuai mutu, maka kontraktor harus membongkar kembali pondasi tersebut.

“Tidak bisa hanya ditambal, lakukan uji mutu dulu.

Jika tidak benar maka kontraktor harus bongkar kembali, itukan pondasi yang tentu berpengaruh besar pada kekuatan jembatan nantinya,” tegasnya.

Diketahui, proyek pekerjaan jembatan Su’a di desa Edalode dengan waktu pelaksanaan 27 Maret 2018 dan waktu selesainya 240 hari dan di perpanjang pada tanggal 4 November 2018.

Dan diketahui dikerjakan oleh PT Putra Manggroe Acerkso dan PT Gabriel Gabryela.

Reporter: Dance Henukh

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.