News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Harga Bawang Merah Melambung, Tembus Harga Rp 42 Ribu Per Kilogram

Harga Bawang Merah Melambung, Tembus Harga Rp 42 Ribu Per Kilogram

ACEH | Harga bawang merah di disejumlah pasar tradisional di Panton Labu Kabupaten Aceh Utara melambung selangit. 

Bawang merah yang biasanya dijual Rp 22.000,/per kilogram, sudah tiga hari terakhir harganya naik mencapai 300 persen atau menembus angka Rp42.000/kilogram. Kondisi tersebut dikeluhkan oleh para pedagang maupun para pembeli.

Menurut penuturan Yusuf (49) pedagang dipasar Kota Panton Labu naiknya harga jual bawang merah dan bawang putih serta jenis lainya itu membuat para pedagang kesulitan untuk menjual secara eceran. 

Karena konsumen yang berbelanja, belinya suka ngecer. "Susah ngecernya, biasanya beli 1000 saja kita masih bisa layani, sekarang susah. 

" Tidak hanya itu dengan naiknya harga otomatis pedagang juga harus menambah modal, sementara keuntungan malah menurun," paparnya.

Menurut Yusuf , naiknya harga bawang merah disebabkan daerah penghasil bawang merah di Brebes Jawa Tengah banyak yang gagal panen akibat hujan.

Sehingga mempengaruhi jumlah produksi yang ada. Sementara konsumen masih sama. "Terbatasnya stok dan larangan impor yang membuat harga naik. Kalau didaerah Brebes Jawa Tengah tidak terjadi gagal panen, kemungkinan harga masih normal," paparnya.

Pihaknya tidak bisa memprediksikan sampai kapan kenaikan harga bawang merah tersebut akan berlangsung. "Saya tidak tahu sampai kapan, saya dan pedagang lainya hanya berharap agar situasi ini bisa kembali normal seperti biasa," harapnya.

Isni(46) warga Kecamatan Tanah Jambo Ayo mengaku terkejut saat akan beli bumbu dapur salah satunya bawang merah dengan harga yang sangat mahal.

"Saya tadinya tidak percaya, saat dikasih tahu kalau harga bawang lagi mahal." Ternyata benar, biasanya saya beli 5000 saja sudah banyak, sekarang malah tidak bisa. Kalaupun dikasih jumlahnya sangat sedikit," paparnya.

Koresponden: Muhammad

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.