Terpopuler

Back to Top

Video

Kisah Pengumpul Kardus Dengan Kondisi Harga

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times


ACEH | Pengumpul kardus bekas keluhkan turunnya harga dokumentasi pekerja mengangkat kardus bekas ke atas mobil pick-up di Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara, Kamis (29/11/2018).

Kardus bekas yang dibeli dari pemulung seharga Rp1.400 tersebut selanjutnya dikirim ke Medan untuk diolah kembali dan dijual Rp3.000 per kilogram.

Azwir - Pengumpul kardus, botol plastik, dan kaleng minuman di Kota Panton Labu , Kabupaten Aceh Utara , mengeluhkan penurunan harga barang bekas itu selama dua pekan terakhir.

"Pada bulan lalu, harga kardus bekas masih berkisar pada Rp1.500 tetapi sekarang turun menjadi Rp1.000 per kilogram.

Ia mengatakan, "Kardus bekas ini kami kumpulkan selama 1-2 bulan.

Setelah terkumpul hingga 500 kilogram atau 1 ton (1.000 kg) lalu dijual kepada pengepul yang sudah menjadi pelanggan," kata Zulfikar .

Dikatakan, keuntungan yang diperoleh tergantung pada kemampuan mengumpulkan barang-barang bekas dari pemberian pemilik toko dan tempat-tempat tertentu.

Sementara itu, Putra (25), salah seorang pemasok barang bekas di kota Panton Labu mengatakan, barang bekas yang dibeli dari pengumpul harganya bervariasi tergantung dari jenis dan kualitas..

Ia mencontohkan, harga kardus bekas yang dibeli dari pengumpul dan pemulung fluktuatif, apalagi dalam kondisi hujan seperti saat ini kondisinya lembab.

"Pada musim panas, saya berani membeli hingga Rp1.500 per kilogram bahkan lebih dari itu. Namun, dengan hujan yang berkepanjangan selama hampir tiga pekan terakhir ini, terpaksa membeli hanya Rp1.000 per kilogram," tuturnya.

Barang bekas yang dibelinya kemudian dipres untuk dikirim ke Medan,Sumatera Utara, dengan kapal kontainer yang tiba sekali dalam seminggu.pungkasnya.

Kontributor: Sayuti