News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Gas Elpiji 3 Kg Langka di Aceh, Masyarakat Resah

Gas Elpiji 3 Kg Langka di Aceh, Masyarakat Resah

ACEH  | Aceh memasuki pertengahan November 2018, Jumat 16 November 2018. peredaran  gas elpiji 3 kilo di Kabupaten Aceh Utara semakin langka.

Banyak warga yang rela berkeliling mencari gas elpiji 3 kilo ke sejumlah pengecer, namun hasilnya tetap nilil.

Kalaupun ada pengecer yang masih memiliki stok elpiji bersubsidi itu, harganya mencapai Rp35 ribu per tabung.

Abdumrahman, salah seorang pedagang nasi di kawasan jalan Tgk Chik Di Tiro kota Panton Labu mengatakan sangat dirugikan dengan kelangkaan tabung gas elpiji 3 kilo ini.  

Selama tiga hari terakhir, dia mengaku telah mencari elpiji di beberapa tempat seperti di kecamatan Seunuddon, Baktya bahkan ke kabupaten Aceh Timur. Dia memprotes pemerintah yang lamban merespon kebutuhan masyarakat.

Dia menduga, langkanya elpiji bersubsidi ini turut dipicu oleh banyaknya warga yang memburunya untuk kebutuhan sehari -hari karena minyak tanahpun semakin tidak jelas keberadaannya, atau seperti ada sebuah permainan.

Dengan kelangkaan elpiji bersubsidi ini, dia berharap agar pemerintah Kabupaten  dan Kota segera membuat regulasi terkait dengan pembelian gas elpiji 3 Kg.

Pasalnya, sejauh ini belum ada regulasi yang mengatur pembelian gas elpiji, baik di tingkat pengecer maupun pangkalan.

Akibatnya, gas elpiji yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin sering dimainkan.

M. Noer mengatakan, dengan tidak adanya regulasi yang jelas ini, pertamina tidak bisa memberlakukan aturan bahwa pangkalan maupun pengecer yang bisa membeli elpiji 3 Kg adalah mereka yang membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS) milik masyarakat langganannya.

“Itu langkanya karena banyak yang main -mainkan yang mainkan adalah pengecer.

Sementara saat ini regulasi di Kabupaten Kota belum mewajibkan pangkalan membuat daftar kartu miskin. 

Karena pertamina punya rencana bahwa yang punya kewenangan beli elpiji itu adalah pangkalan yang membawa kartu miskin. “katanya.

Dilanjutkan," Untuk menangani kelangkaan gas elpiji 3 Kg saat ini, pemerintah Aceh meminta kepada Pemerintah kabupaten dan Kota segera bersurat kepada pertamina untuk melakukan operasi," pungkas M.Noer. (Muhammad)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.