Terpopuler

Back to Top

Video

BNN Tes Urin Prajurit TNI

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times
BREBES | Badan Narkotika Brebes tak mau kecolongan di wilayah hukumnya, seperti kasus  penangkapan oknum PNS Kabupaten Brebes oleh BNN Kota Tegal pada akhir Agustus 2018 lalu di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tegal.

Oleh karenanya, badan tersebut gencar melakukan pendadakan berupa tes urine di satuan-satuan maupun instansi di Brebes. Salah satu yang menjadi targetnya adalah Kodim 0713 Brebes. Sidak (Inspeksi Mendadak) dipimpin Kasi Pencegahan, Lukman Suyanto kepada para anggota militer maupun PNS Kodim setelah pelaksanaan upacara mingguan. 

Dikatakannya bahwa, pihaknya melaksanakan tugas dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar Pemerintah Kota (Pemkot) atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Se-Indonesia serta instansi Harkamtibmas termasuk Kodim, untuk difasilitasi pelaksanaan tes urine demi mengantisipasi meluasnya angka penyalahgunaan Narkoba. Senin (26/11/2018).

“Badan Narkotika Brebes mengapresiasi Kodim Brebes karena sangat proaktif meminta pihak kami melakukan tugas pemberantasan Narkoba sewaktu-waktu. Dari kesekian kalinya Sidak disini semuanya negatif.” ungkapnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut Lukman menyampaikan bahwa, satuan khususnya TNI, diharapkan menjadi contoh yang baik bagi satuan maupun instansi pemerintahan dan masyarakat di wilayah Brebes khususnya. 

Ditanya terkait jika ada temuan, Kasi Pencegahan tersebut menjelaskan, “Positif dalam tes urine belum tentu pengguna Narkoba, karena bisa jadi yang bersangkutan sedang mengkonsumsi obat dokter seperti obat batuk, penahan rasa sakit misalnya, biasanya di parameter tes urine akan muncul positif benzo di obat penenang. 

Untuk itu selanjutnya kami akan melaksanakan analisis lanjutan, dimulai dari tahap awal wawancara terlebih dahulu dan seterusnya, sehingga akan diketahui kebenarannya. 

Selanjutnya jika tetap dinyatakan positif Narkoba maka akan segera melaporkan ke Pak Dandim untuk ditindak lanjuti, karena di tubuh Kodim 0713 ada aturan tersendiri manakala ada anggota yang melakukan kesalahan.” tutupnya.

Diketahui untuk pengambilan urine, personel dibagi dalam beberapa kelompok dan dipanggil menuju ke kamar mandi yang diawasi oleh petugas BNK maupun provost dan Staf Intel Kodim.

Selanjutnya urine yang telah ditampung diserahkan kepada petugas untuk dilakukan pemeriksaan dengan alat yang sudah disiapkan.

Sementara Pasi Intel Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Tuteng Aryalona menambahkan bahwa, rutinitas tersebut juga merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas narkoba di tubuh TNI khususnya di Kodim 0713/Brebes dan Triwulan IV TA. 2018. (**)