News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Safrial: Tingkatkan PAD Tanpa Memberatkan Usaha Kecil Dan Mikro

Safrial: Tingkatkan PAD Tanpa Memberatkan Usaha Kecil Dan Mikro

KUALATUNGKAL | Terbatasnya kewenangan desentralisasi fiskal yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah mempunyai dampak pada ketergantungan daerah terhadap sumber penerimaan pendapatan dari pemerintah pusat. 

Untuk itu kemandirian keuangan daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus lebih di tingkatkan. 

Hal itu disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial, MS dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara gabungan TNI, Polri dan PNS di halaman kantor bupati, Rabu (17/10).

“Kita secara terus menerus berupaya meningkatkan kemandirian keuangan daerah melalui penerimaan PAD, baik berupa pajak dan retribusi daerah, pengelolaan badan usaha daerah, maupun pendapatan yang sah lainnya”, ujar bupati.

Meskipun demikian bupati tidak ingin upaya peningkatan PAD tersebut justru memberatkan dan mengakibatkan penurunan aktifitas usaha ditengah masyarakat khususnya usaha kecil dan mikro yang baru tumbuh. 

Bupati berharap dalam pengelolaan PAD lebih mengutamakan peningkatan pelayanan dan memberikan kemudahan agar kontribusi masyarakat dalam penerimaan PAD dapat disadari sebagai bagian dari tanggung jawab bersama membangun daerah.

Bupati juga menghimbau untuk memberikan kesempatan dan kemudahan kepada dunia usaha untuk turut berpartisipasi dalam menginvestasikan modalnya di Tanjung Jabung Barat. 

Bupati menilai perkembangan kegiatan usaha yang dilakukan oleh para penanam modal tidak hanya berdampak kepada penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi wilayah, akan tetapi juga dapat melibatkan perusahaan tersebut dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan di kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sebelum mengakhiri sambutan bupati berpesan terkait tahun politik dimana telah dimulainya tahapan jadwal penyelenggaraan pemilu, dirinya mengharapkan kepada semua lapisan untuk turut aktif menciptakan suasana yang kondusif.

“Berikanlah informasi-informasi yang benar kepada masyarakat dan jangan sekali-kali kita memperkeruh suasana dengan fitnah dan hasutan yang disebabkan melalui berita bohong atau hoax oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab”,tegasnya.

Hadir pada upacara Wakil bupati  Amir Sakib, jajaran forkopimda, para Kepala OPD, para kabag, jajaran TNI dan Polri, para ASN dan TKK Pemkab Tanjab Barat. (Tim)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.