News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Gunung Gamalama Keluarkan Abu

Gunung Gamalama Keluarkan Abu

TERNATE | Telah terjadi erupsi  Gunung Gamalama, Kota Ternate  Maluku Utara pada  ( 4/10/2018) dinihari  pukul 11:52 WIT dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 250 meter di atas puncak atau  1.965 meter  di atas permukaan laut. 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Gamalama Darno, saat ditemui di pos pantawan pada pukul 13: 00 WIT tersebut mengungkapkan bahwa, "Erupsi tersebut diawali dengan peningkatan kegempaan vulkanik yang sangat singkat. Sekitar  1 jam sebelum kejadian erupsi terekam 10 gempa vulkanik".
"Mekanismenya kemungkinan adalah steam-driven eruption (hydrothermal explosion). Dari sisi gas, Gamalama didominasi gas hidrothermal,"cetursnya.

Dia mengaku, status belum perlu dinaikkan karena rekomendasi saat ini masih memadai untuk erupsi yang terjadi.

Menutut Darno, Pemantauan akan ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan kegempaan menyusul erupsi minor ini.

Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak panik, masyarakat bisa menghimpun informasi dari sumber terpercaya jangan  dengan informasi yang belum ada kebenarannya. 

"Masyarakat agar tetap tenang, tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Gamalama dari Magma Indonesia,"

Semnatara itu, Saat ini Gunung  Gamalama berada pada Status Level II  Waspada dengan rekomendasi. 

"Masyarakat di sekitar Gunung Gamalama dan pengunjung dan wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 Km dari kawah puncak Gamalama ,"ungkapnya

Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar. "Saat ini abu vulkanik sudat tutun di bagian Loto, Togafo dan Takome,"tutupnya( ary)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.