News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ketua IWO Ternate Mundur, Ada Apa?

Ketua IWO Ternate Mundur, Ada Apa?

TERNATE | Guna menjaga netralitas jurnalis dan organisasi kewartawanan khususnya Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Ternate pada pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), serta pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 mendatang. 

Ketua IWO kota Ternate, Budiman L. Mayabubun secara resmi mengusulkan cuti dari kerja - kerja jurnalistik maupun pimpinan organisasi media online.

"Untuk menjaga kode etik jurnalistik, dan independensi organisatoris dan independensi etik maka saya secara resmi sudah mengajukan cuti ke pengurus DPP IWO, serta media dimana saya bekerja,"ungkap Budiman melalui press releasenya, Senin (24/09/2019).

Dikatakan, bahwa saat ini dirinya sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulau Taliabu dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan nomor urut 5 (lima).

"Saya masuk dalan daerah pemilihan II (Dapil II) meliputi Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kecamatan Lede, Kecamatan Taliabu Utara dan Kecamatan Taliabu Timur, dan saat ini akan fokus pada kampanye yang sudah bergulir sejak tanggal 23 September kemarin. Sehingga itu, sikap saya harus cuti dari aktifitas jurnalisik maupun organisasi"ujarnya.

Ia berharap, seluruh media, wartawan dan IWO Ternate kedepan dapat menjaga profesionalitasnya, dan tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

"Di IWO Indonesia, kita punya kode etik wartawan online (KEWO), begitu juga pada organisasi kewartawanan lain-nya.

Olehnya itu, sebagai pekerja profesi kita harus profesional dan independen,"pinta pimred aspirasimalut.com itu.

Selain itu, mantan ketua bidang hukum dan HAM HMI Cabang Ternate itu juga mengingatkan, menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara di 3 (tiga) kecamatan agar wartawan tetap netral.

"Apalagi masuk PSU ini, maka media dan wartawan dituntut agar tetap netral dan menjaga keamanan dan dilarang membuat susana gaduh dengan memberitkan berita yang dapat menimbulkan konflik.
Media dan wartawan harus meredam isu-isu yang dapat menimbulkan perpecahan,"pintanya.

Sekadar diketahui, kepemimpinan IWO Kota Ternate saat ini dijabat oleh Fahri Hamdan, wartawan www.patrolinews yang juga sekratris IWO Kota Ternate.(ary)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.