News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ada Apa di Desa Lidamanu, Kejari Rote Ndao Melalui Kasi Intelejen Mengecek Proyek Dana Desa 

Ada Apa di Desa Lidamanu, Kejari Rote Ndao Melalui Kasi Intelejen Mengecek Proyek Dana Desa 

NUSA TENGGARA TIMUR | ROTE NDAO | Tim Intelijen dari Kejaksaan Negeri Rote Ndao, Jumat, (14/9) kembali melakukan investigasi ke desa Lidamanu Kecamatan Rote Tengah terkait dengan  pengerjaan dan kegiatan fisik dana desa (DD) yang bersumber dari APBN tahun snggaran 2017 yang diduga diselewengkan oleh kepala desa dan kroni kroninya.

Dari pantauan media ini di lapangan, tim Intelejen dari Kajari Rote turun kedesa Lidamanu, Dusun Moklain. 

Dimana pemeriksaan dilakukan pada beberapa titik pembangunan fisik 2017 di Dusun Moklain, yakni pembagunan Jalan Sertu dan dua buah Croos Way, dan di Dusun Batuleli pembangunan satu buah deker, pemeriksaan sendiri dilakukan secara detail, mulai dari ketebalan, panjang, hingga lebar dan tebalnya.

Hal ini untuk memastikan seluruh pekerjaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Lidamanu berjalan baik atau tidak sesuai dengan RAB yang sudah direncanakan sebelumnya.
“Dari kehadiran dan pengecekan yang kita lakukan hari ini semua pekerjaan pembangunan fisik di tiga dusun itu,abata lain adalah :

1.Dusun Moklain.
2 Dusun Batuleli . 

3 Dusun Paumata ada banyak sekali pekerjaan yang tidak dilakukan dan juga ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan RAB yang ada.

Maka ini sangat menjadi perhatian kami pihak Kejaksaan Negeri Rote Ndao untuk menindak lanjuti pekerjaan infrastruktur yang sudah dilakukan atau yang di kerjakan fisik tahun anggaran 2017 di Desa Lidamanu , ini benar benar sudah tidak sesuai dengan RAB yang ada,” ujar Eduward Manurung Kasi Intelejen Kajari Rote.

Selain itu pihaknya juga menyayangkan pengerjaan dalam proyek tersebut dikelola sendiri oleh sekdes dan TPK.

“Seharusnya pengerjaan dana desa dikerjakan swakelola oleh masyarakat bukan di kerjakan oleh kades dan kroni kroninya".

"Dan yang sangat lucu lagi DD yang di kerjakan tahun anggaran 2017 belum juga di selesaikan 100%, juga,” katanya.

Dan itu banyak  persoalan di Desa Lidamanu untuk pengerjaan fisik di dua dusun itu ," Dusun Moklain ada pembangunan pengerjaan jalan rabat Beton dengan panjang volume 50 meter dan pagu dananya Rp28.000.000. Tapi volumenya di kurangin dan bahan material juga di kurangin," begitu juga pembangunan lapangan bola voli dengan pagu dananya Rp55.535.000.

Pembangunan 1 buah deker di Dusun Batu Leli dengan pagu dananya,Rp16.450.000.
Pembangunan 1 buah drainase di Dusun Moklain dengan pagu dana ,Rp75.500.000,dan pembangunan jalan sertu di Dusun Moklain dengan pagu dana Rp145.500.000.
" Ini bukti bukti yang kita temukan di lapangan," ungkap Eduward Manurung.
Laporan Dance henukh.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.