Terpopuler

Back to Top

Video

Merangin Berpeluang Juara Lomba Desa

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan website portal Berita
http://www.idwebdesain.com

Ads by Iklan The Jambi Times

THE JAMBI TIMES - MERANGIN - Kabupaten Merangin diwakili Desa Gading Jaya Kecamatan Tabir Selatan, berpeluang menjadi juara lomba desa tingkat Provinsi Jambi 2018. Hal tersebut tersirat kemarin (17/4), saat tim penilai dari Provinsi Jambi turun ke desa itu.

Tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jambi yang diketuai Jamal Tirta Putra, mengaku sangat kagum dengan desa mendiri tersebut. Selain kondisi lingkungan desa yang bersih, kearifan desa tersebut begitu terasa.

‘’Kita tidak pernah merekayasa atau menyulap Desa Gading Jaya pada lomba desa ini. Begitulah kodisi desa itu dari dulu, yang memang dikenal cukup bersih, sehat dan mandiri. Hal itu disaksikan langsung oleh tim penilai,’’ujar Sekda.

Diakui Sekda, desa ekstransmigrasi itu sebelumnya memang telah berhasil menjadi desa terbaik pada lomba desa tingkat Kabupaten Merangin 2018. Untuk itu Desa Gading Jaya ditunjuk mewakili Kabupaten Merangin di tingkat Provinsi Jambi.

Sekda mengaku sangat bangga dengan Desa Gading Jaya yang memiliki sejumlah aset swadaya dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa tersebut mempunyai BUMDes perlengkapan pesta perkawinan, berupa tenda dan pelaminan.

BUMDes itu dan pengelolaan kios Pasar Senin di desa tersebut, telah berhasil mendongkrak pendapatan asli desa. Selain itu, warga Desa Gading Jaya juga telah berhasil membangun Balai Desa yang megah dengan dana swadaya.

Sementara itu Jamal Tirta Putra mengaku sangat bangga dengan kearifan lokal yang dimiliki Desa Gading Jaya. Betapa tidak, pada acara lomba desa itu, warga Suku Anak Dalam (SAD) juga turut berperan dan hadir pada acara lomba.

‘’Desa Gading Jaya ini juga dilengkapi dengan fasilitas internet gratis. Ini sangat begus, karena warga bisa menyaksikan kemajuan-kemajuan desa lain lewat internet sebagai bahan reverensinya,’’ujar Ketua Tim Penilai Lomba Desa tersebut.

Lewat berbagai kelebihan yang dimiliki itu, Jamal tidak mengelak kalau Desa Gading Jaya berpeluang besar, bisa memenangkan lomba desa tingkat Provinsi Jambi 2018.(adv)