News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Cuaca Eksrim,di Jambi Hujan Es Terjadi

Cuaca Eksrim,di Jambi Hujan Es Terjadi


THE JAMBI TIMES - JAMBI - Wilayah Indonesia khususnya Provinsi Jambi memiliki kondisi geografis yang sangat khas yang dapat memengaruhi terjadinya cuaca ekstrem salah satunya ,hujan es (hail). 

Deteksi dini kejadian hail sulit dilakukan dengan pengamatan langsung ataupun dengan model cuaca, karena kejadian hujan es di Indonesia umumnya terjadi pada skala yang kecil dan durasi yang singkat.

Pada umumnya, awan-awan yang menjulang tinggi seperti Cumulonimbus pasti mengandung butiran es di dalamnya. 

Namun saat hujan es terjadi, lapisan beku (freezing level) di atmosfer sedang berada dekat dengan permukaan, sehingga butiran es yang keluar dari awan tidak sempat mencair dan jatuh ke permukaan bumi masih berupa butiran es.

Berdasarkan historis data Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, hujan es bukan pertama kali ini terjadi di Provinsi Jambi, pada tanggal 10 Januari 2013 dan 23 Desember 2016 hujan es terjadi di Kabupaten Merangin, pada tanggal 02 Februari 2017 Hujan Es terjadi di Kabupaten Bungo.

Kepala stasiun Meteorologi kelas I Sultan Thaha,Nurangesti Widyastuti menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, pada saat ini wilayah provinsi Jambi masih dalam periode musim penghujan di mana potensi cuaca ekstrim masih berpeluang terjadi hampir diseluruh wilayah Provinsi Jambi.(tl)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.