News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Zola : Kredibilitas Pers Harus di Jaga

Zola : Kredibilitas Pers Harus di Jaga



THE JAMBI TIMES - JAMBI - Menjaga kredibilitas merupakan pesan Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA kepada para insan pers, baik media cetak, media online, media televisi, media radio, maupun media tv online. Pesan tersebut dia sampaikan dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN)  Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2).

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Zola tetap tampil di hadapan publik, dia menjalankan aktivitas selaku Gubernur Jambi, yakni menghadiri HPN Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018 yang diselenggarkana oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi. Zola tampak tegar. Dengan menggunakan pakaian batik dan Lacak Jambi (kain pengikat kepala yang digunakan laki-laki), Zola terlihat tetap melempar senyum kepada para insan pers dan undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Zola mengapresiasi tugas dan fungsi yang dijalankan oleh pers, yang juga turut berkontribusi dalam pembangunan. Namun, Zola menekankan sekaligus berharap agar pes senantiasa menjaga kredibilitas (kepercayaan) masyarakat. Untuk menjaga kredibilitas tersebut, kata Zola, maka pers harus menjalankan tugas dan fungsi untuk menghasilkan berita dengan tetap menjaga kode etik jurnalistik.

“Kredibilitas, kinerja, dan kode etik jurnalistik merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh para jurnalis, terutama ditengah perkembangan teknologi masa kini. Melalui komitmen yang tinggi, tantangan yang dihadapi para jurnalis pada saat ini tentu akan bisa diatasi, lebih lagi dalam menghadapi pemilihan kepala daerah,” ujar Zola.

Zola mengemukakan, banyak sekali tantangan yang dihadapi para jurnalis dalam mencari berita, untuk menyajikan informasi kepada masyarakat.

"Kita semua menyadari, kerja para jurnalis ini tidaklah mudah dan memiliki tantangan yang sangat tinggi. Saya melihat secara langsung para jurnalis ini mencari berita tanpa mengenal waktu untuk memberikan informasi kepada masyarakat," ujar Zola.

Gubernur Zola menyampaikan, para jurnalis ini telah banyak mengorbankan waktu dan tenaga, rela meninggalkan keluarga dan berkomitmen untuk memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi.

“Para jurnalis ini melalui media yang mereka miliki, memiliki peran sangat penting sekali bagi pemerintahan. Program sebaik apapun yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah, tanpa adanya pemberitaan dari media tentunya tidak akan maksimal. Kerjasama pemerintah dengan media melalui para jurnalisnya sangat diperlukan sekali guna mendukung pembangunan," tutur Zola.

Gubernur Zola menerangkan, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi selalu berusaha memfasilitasi media dan para jurnalis dalam melaksanakan tugas mereka guna mendapatkan berita yang nantinya akan diinformasikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi.

"Saya mengharapkan, peran dari media-media melalui para jurnalisnya dalam memberikan pemberitaan-pemberitaan bisa lebih update dan isinya lebih mendidik kepada masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Provinsi Jambi bisa berjalan dengan baik," pungkas Zola.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Saman,S.Pt menyampaikan, kondisi dunia pers dan para jurnalis pada saat ini tengah mengalami banyak tantangan, terlebih lagi dengan kehadiran sosial media atau pers sebagai sumber informasi. Profesionalisme pers pun turut menjadi tantangan, kehadiran teknologi internet serta pemahaman regulasi pers yang masih kurang, membuat siapa saja secara bebas membuka usaha media massa serta membuat semua orang bisa menjadi jurnalis.

"Saya yakin, profesionalisme pers dapat berjalan dengan baik jika kita benar-benar mengikuti relugasi pers yang berlaku," kata Saman.

Pada kesempatan tersebut, PWI Provinsi Jambi memberikan beberapa kategori penghargaan, termasuk kepada kepala daerah se Provinsi jambi. Pemerintah Provinsi Jambi juga menerima penghargaan atas kerjasama yang baik dengan media yang diterima oleh Gubernur Jambi, H.Zumi Zola.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolda Jambi, Danrem 042 / Garuda Putih, Walikota Jambi, Bupati Batanghari, Wakil Bupati Muaro Jambi, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat dan para undangan lainnya. (hms)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.