News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pemkab Batanghari Targetkan Hasil Padi 2018 Sebanyak 4,8 Ton Perhektar

Pemkab Batanghari Targetkan Hasil Padi 2018 Sebanyak 4,8 Ton Perhektar

THE JAMBI TIMES - BATANG HARI - Dinas Pertanian dan Holtikultura menargetkan pada tahun 2018 ini mampu mencapai hasil produksi padi 4,8 ton perhektarnya. Meskipun pada tahun 2017 lalu, target produksi padi belum tercapai secara maksimal.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Kabid Produksi Pertanian Dinas Pertanian dan Holtikultura, Alpian, saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (12/02/2018).

Alpian mengatakan pada tahun 2018 ini memiliki target tanam padi 10.500 hektar.
“ Dari luas tersebut kita punya target 4,8 ton perhektarnya,” terang Alpian.

Meski pada tahun 2017 lalu target produksi padi belum tercapai, pihaknya mngaku optimis terhadap target tahun ini. Tidak tercapainya target tahun lalu pasalnya dikarenakan keadaan cuaca serta bencana banjir yang menenggelemkan ratusan hektar sawah petani.

Menyikapi pengalaman tahun lalu, pihak Dinas Pertanian dan Holtikultura mengupayakan akan memberikan arahan kepada setiap petani agar menyesuaikan musim tanam.

“Tahun lalu kita tau sendiri, ratusan terendam banjir sehingga target kita tidak tercapai. Tentu upaya kita menanggulangi hal tersebut dengan cara mensesuaikan musim tanam,” sebut Alpian.

Bahkan diakui oleh Alpian, pihaknya juga turut berkoordinasi dengan pihak terkait seperti halnya pihak Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi.

“ Pada tahun lalu bulan November mulai banjir karena musim penghujan, jadi untuk tahun ini masa tanam akan kita lakukan jauh sebelum bulan tersebut. Tentu dengan berkoordinasi dengan BMKG terkait keadaan cuaca khususnya di Wilayah Kabupaten Batanghari,” jelasnya.

Untuk diketahui pada tahun 2017 lalu, target Luas tanam Padi seluas 10.300 Hektar dan terealisasi 10.568 hektar. Namun sayang target luas panen seluas 9.786 hektar hanya tercapai 8.745, sehingga hal ini mempengeruhi target produksi 47.548 ton hanya tercapai 40.747 ton.

“Meski luas tanam melebihi target, itu tadi karena keadaan cuaca dan bencana banjir sehingga panen dan produksi kita tidak tercapai. Insya allah tahun ini kita optimis tercapai,” pungkasnya. (Fri)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.