News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Gubernur Zola Resmikan Monumental PT Angkasa Pura II

Gubernur Zola Resmikan Monumental PT Angkasa Pura II


THE JAMBI TIMES - JAMBI - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menegaskan pentingnya peranan pihak swasta dalam membangun Provinsi Jambi. Pernyataan ini disampaikannya saat meresmikan bantuan monumental PT Angkasa Pura II, Selasa (27/2), bertempat di belakang Masjid Jamiatul Islamiyah, Lingkar Selatan III Kelurahan Talang Bakung, Kota Jambi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Jambi M Dianto, Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Agussalam, Executive General Manager Angkasa Pura II Yogi Praseyo Suwandi,SE, Pjs. Walikota Jambi M.Fauzi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, serta pengurus Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, dan pejabat kelurahan serta kecamatan.

Pada kesempatan ini, Gubernur meresmikan program monumental Bina Lingkungan Bandara Jambi tahun 2017, yaitu, pembangunan 3 ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Palmerah senilai Rp516.000.000, kemudian pembangunan lapak PKL di Taman Rimba sebanyak 29 unit senilai Rp192.000.000, pembangunan 2 unit halte bus di Jalan Professor Sri sudewi Kota Jambi dan di Jalan Jenderal Sudirman senilai Rp82 juta. Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan kaki palsu bagi masyarakat.

Gubernur menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi pemerintah terutama masyarakat. “Sama-sama kita ketahui membangun suatu daerah tidak bisa hanya mengandalkan APBD provinsi /kabupaten/ kota, kalau hanya mengandalkan APBD kita tidak akan mampu membangun seluruhnya apalagi APBN, kita harus berebut dengan provinsi-provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia, artinya peran dari swasta akan sangat penting sekali membantu membangun daerah ini. Swasta memberikan bantuan melalui CSR dan peruntukannya macam-macam, bisa bangunan, program-program yang sifatnya kemasyarakatan, apapun itu pada intinya program dasar dan pembangunan harus senergi, jangan sampai overlapping /tumpang tindih,” ujar Gubernur.

Gubernur mengapresiasi pihak swasta yang selama ini sangat kooperatif untuk membantu membangun Jambi, termasuk dari PT Angkasa Pura II. “Saya berterima kasih, dari GM (PT Angkasa Pura II) selalu komunikasi dengan kami, dan juga pembangunan-pembangunan terus dilakukan di Angkasa Pura, ingin membangun apa kami siap mendukung, saat ini sedang ada pelebaran jalan, kami sangat berterima kasih. Untuk Bandara Sultan Thaha bisa menjadi embarkasi haji, nantinya itu harapan kami,” jelas Zola.

Gubernur mengungkapkan bahwa bantuan hari ini sangat luar biasa dan mendorong kemajuan masyarakat. “Ada kios yang diberikan untuk para pedagang kaki lima di kawasan kebun binatang Taman Rimba, ada tiga lokal untuk madrasah, dan juga ada lagi bantuan kemanusiaan. Ini jumlahnya sangat besar sekali dan saya yakin ini akan bermanfaat sangat signifikan bagi masyarakat. Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih dan mohon disampaikan kepada Ibu menteri BUMN, pengaruh dari program-program CSR ini sangat besar pada kami, sangat membantu kami baik pemerintah Provinsi Jambi maupun pemerintah Kota Jambi. Kami akan terus mendukung program dari pemerintah pusat, ” tutur Zola.

Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II, Andra Agussalam dalam sambutannya menyatakan bahwa PT Angkasa Pura II Persero sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara mengoperasikan bandara khususnya di wilayah barat Indonesia, dan saat ini telah mengoperasikan 14 bandara di wilayah Indonesia bagian barat, dimulai dari ujung Aceh, Medan, Padang, Jambi mencatat pada tahun 2015 mengangkut penuh penumpang per tahunnya sekitar 1,1 juta penumpang tetapi pada akhir tahun 2017 yang lalu pertumbuhannya juga cukup signifikan naik 50% dibandingkan dengan 2015 mencapai 1,7 juta penumpang.

“Jadi, pertumbuhan yang hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2015. Di sisi lain, kargo yang kami angkut selama tahun 2015 baru 6 juta ton saja, tadi saya lihat data yang kami angkut sampai 2017 sudah mencapai 9,1 juta ton. Pertumbuhan yang sangat signifikan ini merupakan indikator yang menunjukkan juga pertumbuhan perekonomian khususnya di Provinsi Jambi, juga menunjukkan tingkat pertumbuhan yang baik dan kami Badan Usaha Milik Negara akan hadir, seperti tema di sini adalah BUMN Hadir untuk Negeri, juga untuk menunjang pertumbuhan perkembangan perekonomian khususnya di Provinsi Jambi,” jelas Andra.

“Pada hari ini kami akan menyerahkan tiga program monumental yang kalau kami catat ada sekitar Rp790 juta jika dirupiahkan. Kami mempunyai dana sekitar Rp1 miliar lebih yang disalurkan melalui Program Bina Lingkungan, yang representasinya 3, yang kami lakukan pada siang hari ini secara monumental. Hal ini sebagai tanggung jawab dan kepedulian kami kepada masyarakat sekitar bandara,” tutur Andra.

Sementara itu, Executive General Manager Angkasa Pura II, Yogi Praseyo Suwandi menyatakan bahwa merupakan salah satu kewajiban program BUMN Angkasa Pura II untuk melaksanakan tanggung jawab sosial di lingkungan, dan peran tanggung jawab sosial tersebut oleh PT Angkasa Pura II dilaksanakan melalui program yang memiliki semangat, yang merupakan bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.(adv hms)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.