News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Kementrian Pariwisata Gelontorkan Dana Untuk Danau Ugo 1 M Lebih

Kementrian Pariwisata Gelontorkan Dana Untuk Danau Ugo 1 M Lebih

THE JAMBI TIMES - BATANG HARI - Danau Ugo, atau yang disebut masyarakat dengan Danau Bidadari, karena dipercaya masyarakat danau tersebut merupakan tempat bermain dan mandi para bidadari khayangan, mendapat bantuan tahap awal dari Kementrian Pariwisata RI sebanyak Rp.  1 M 217 Juta.

Direncanakan, dana tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan awal sarana penunjang bagi kunjungan wisatawan seperti tempat parkir yang memadai, tempat istirahat, pendopo, tempat kuliner serta Musholla. 

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Batanghari Muhammad Mulawarmansyah, Senin (29/ 01/2018) 

Mulawarman menjelaskan, bantuan Kementrian Pariwisata ini adalah merupakan bantuan awal untuk pembangunan sarana penunjang Danau Ugo.

" Bantuan ini merupakan tahap awal. Nanti akan dibangun sarana parkir, serta fasilitas lainnya untuk wisatawan, termasuk tempat kuliner, pendopo serta mushalla" kata Mulawarman.

Selanjutnya, sambung Mulawarman, untuk pengembangan Danau Ugo yang mempunyai luas hampir 14 hektar ini, ke depannya akan melakukan pembebasan tanah, dengan harapan nantinya danau alam kebanggaan masyarakat Batanghari ini mampu menjadi kawasan wisata terintegrasi.

" Pembebasan tanah bertujuan untuk membangun fasilitas lainnya, dengan harapan Danau Ugo menjadi kawasan destinasi wisata yang kompleks dan kawasan wisata terintegrasi. Integrasi di sini bermaksud, masyarakat Aur Gading, mampu menjadi pengelola wisata, bukan menjadi penonton" tambah Mulawarman.

Menjadi penonton di sini, diartikan, janganlah sampai kawasan wisata alam ini, dikelola oleh pihak luar baik investor maupun sarana-sarananya. 

" Kalau dikelola pihak luar, nanti masyarakat sendiri yang menjadi imbasnya. Masak warga Aur Gading mau masuk kawasan wisata yang merupakan daerahnya sendiri harus bayar? Mau mancing di danau, musti beli karcis dulu? Nggak mungkin kan?" ujarnya.

Oleh karena itulah, Pemkab Batanghari melalui Disporapar dan Bappeda, berusaha memujudkan potensi-potensi wisata alam di Batanghari agar mampu menjadi tuan rumah di negri sendiri serta mampu menjadi PAD Kabupaten Batanghari dan PADes Aur Gading.

" Disporapar dan Bappeda berusaha mewujudkan Danau Ugo ke depannya sebagai kawasan destinasi wisata yang bisa menggali PAD. Juga untuk PADes Aur Gading sendiri" tutur Mulawarman lagi.
Ketika ditanyakan kapan progress pelaksanaan pembangunan tahap awal sarana-sarana di Danau Ugo tersebut, Kepala Bappeda mengatakan bahwa akhir Januari 2018 sudah dimulai.

" Akhir Januari ini akan ada proses lelang tender bagi pembangunan sarana-sarana Danau Ugo. Pada Maret nanti, Insya Allah, pengerjaan dimulai dan akan diawasi langsung oleh Disporapar Batanghari, Inspektorat" pungkas Mulawarman.

Terpisah, Kades Aur Gading, Suwandi, ketika dihubungi, sangat berterima kasih kepada Disporapar dan Bappeda, yang telah memperjuangkan agar Danau Ugo Aur gading Kecamatan Batin XXIV, dapat menjadi destinasi wisata andalan.

" Yang pasti, ke depannya, Danau Ugo mampu menjadi sumber kehidupan masyarakat Aur Gading dan menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes) Aur Gading, serta Danau Ugo merupakan kawasan wisata yang terkenal sampai manca negara" harap Suwandi.(Fri)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.