News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Tekuluk Warisan Budaya Jambi yang haris di lestarikan

Tekuluk Warisan Budaya Jambi yang haris di lestarikan


THE JAMBI TIMES - JAMBI - Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,ME mengemukakan, tekuluk merupakan warisan budaya Jambi yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan. Hal tersebut dikemukakan Ariansyah saat membuka Lomba Pemasangan Tekuluk yang diadakan oleh Dekranasda Provinsi Jambi, bertempat di Lantai Dasar Mall World Trade Center (WTC) Batanghari Jambi, Jum'at (17/11/2017) siang.

Lomba pemasangan tekuluk yang diadakan Dekranasda Provinsi Jambi ini mengambil tema "Cantik dan Gaya Dengan Tekuluk, Dekranasda Membumi", dengan peserta perwakilan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jambi.

Ariansyah menyampaikan, tekuluk merupakan warisan budaya melayu Jambi yang dipakai masyarakat Jambi sebagai penutup kepala bagi wanita dan dipakai dalam berbagai kesempatan, baik untuk acara adat, pergi ke ladang maupun dipakai dalam kehidupan sehari hari, sedangkan penutup kepala bagi pria dinamakan lacak yang juga warisan budaya melayu Jambi.

"Dekranasda Provinsi Jambi, terus memperkenalkan tekuluk ini supaya masyarakat Jambi lebih mencintai tekuluk ini sebagai warisan budaya, serta menggunakannya dalam kehidupan sehari hari karena tekuluk sendiri bisa dipadukan menjadi mode pada masa kini," ujar Ariansyah.

Ariansyah mengharapkan, dengan adanya lomba tekuluk ini, lebih meningkatkan lagi kecintaan masyarakat Jambi terhadap warisan budaya Jambi khususnya tekuluk ini, untuk itu Dekranasda Provinsi Jambi terus mendorong agar tekuluk lebih dikenal oleh masyarakat Jambi.

Acara Lomba Pemasangan Tekuluk diawali dengan pertunjukan Tari Kedidi yang dibawakan oleh Tim Kesenian Gubernuran Provinsi Jambi serta Fashion Show Batik Jambi dengan warna pastel yang diperagakan oleh gadis gadis Jambi 2017.

Tengkuluk yang diperagakan pada lomba pemasangan tekuluk ini yaitu, tekuluk satu, tekuluk kenduri seko, tekuluk rebung tepancung, tekuluk daun putax, tekuluk daun pakis dan tekuluk beliso.

Turut hadir Wakil Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Chairunnisa Erwan Malik, Ketua Dekranasda Kota Jambi, Hj.Yuliana Fasha, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME serta para undangan lainnya. (ADV HMS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.