News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wali Kota Fasha Bertemu Menteri Luar Negeri Singapura

Wali Kota Fasha Bertemu Menteri Luar Negeri Singapura



THE JAMBI TIMES - JAMBI – Eksistensi Kota Jambi dalam kancah pergaulan Internasional tidak perlu diragukan lagi. Sebagai daerah yang memiliki konsep outward looking policy dalam visi pembangunannya, Kota Jambi tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang aktif dan memiliki hubungan kemitraan strategis dengan beberapa negara di dunia.

Sebut saja seperti negara Singapura, China, Korsel, Denmark, dan Jerman, yang memiliki kemitraan strategis dan komprehensif bagi Kota Jambi. Kota Jambi juga tercatat aktif dalam beberapa organisasi internasional, seperti UCLG ASPAC dan ICLEI.

Berbagai hubungan kerjasama yang bersifat sangat strategis dan saling menguntungkan dimasa kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha kini telah menempatkan negara Singapura menjelma sebagai salah satu negara “sahabat karib” Kota Jambi.

Kemesraan hubungan kerjasama tersebut makin mengemuka saat Wali Kota Syarif Fasha menghadiri jamuan “Gala Dinner with Singapore Minister for Foreign Affairs DR. Vivian Balkrishnan” yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Singapura di Grand Aston Medan, Selasa malam (29/8).

300 tamu penting negara Singapura menghadiri resepsi kenegaraan tersebut, mulai dari kalangan birokrat, diplomat negara sahabat, kalangan pengusaha, termasuk beberapa pejabat daerah penting, seperti Wali Kota Medan, Wali Nanggroe Aceh Darussalam, Wali Kota Jambi, serta unsur pejabat lainnya. Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjadi satu-satunya kepala daerah dari Provinsi Jambi yang diundang hadir dalam acara tersebut.

Gala dinner tersebut diselenggarakan dalam rangka perayaan 52 tahun kemerdekaan Singapura (52nd National Day of Singapore) dan bertepatan dengan 50 tahun perayaan hubungan diplomatik Pemerintah Singapura dan Pemerintah Republik Indonesia, yang bertajuk “RISING 50”.

Wali Kota Fasha dalam jamuan tersebut langsung diterima oleh Menteri Urusan Luar Negeri Singapura DR. Vivian Balakrishnan dan Konsulat Jenderal Singapura untuk Indonesia Mr. Mark Low. Dalam pertemuan tersebut Wali Kota Fasha juga berkesempatan menyerahkan cinderamata kepada Menteri Balakrishnan, sebagai tanda persahabatan erat yang telah terjalin selama ini antara Kota Jambi dan Pemerintah Singapura.

DR. Vivian Balakrishnan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Singapura ingin mengajak Indonesia dan daerah disekitar Singapura, termasuk Kota Jambi, sebagai negara serumpun dan tetangga terdekat untuk dapat meraih kesuksesan bersama, maju dan berkembang pesat seperti negara Singapura.

Konsulat Jenderal Singapura untuk Indonesia Mr. Mark Low pada kesempatan tersebut juga mengungkapkan bahwa hubungan kemitraan strategis Singapura saat ini menunjukkan posisi yang sangat baik.

“Kota Jambi dibawah kepemimpinan Mr. Fasha menunjukkan komitmen yang baik dalam membangun sumberdaya manusia di Kota Jambi dan kami negara Singapura dipercaya menjadi mitra untuk mewujudkan hal tersebut. Keinginan itu akan kami dukung sepenuhnya. Dengan tangan terbuka kami ingin Kota Jambi berkembang dan maju seperti Singapura. Oleh karena itu kami berharap terbangunnya komitmen untuk memperkuat kemitraan jangka panjang dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerjasama strategis yang telah terjalin selama ini antara Singapura dan Kota Jambi.

“Kami sampaikan apresiasi dan rasa hormat atas kerjasama yang telah terbangun selama ini. Kami juga ucapkan selamat atas perayaan kemerdekaan negara Singapura. Kita tahu bahwa Singapura telah membangun sebuah negara yang luar biasa dalam waktu 52 tahun ini. Singapura juga memiliki sistem pelayanan publik terbaik yang dapat jadi contoh dan kami adopsi. Semoga dengan kemitraan yang makin erat ini, kami dapat mewujudkan visi pembangunan yang sama dengan Singapura,” ujar Fasha dalam sambutannya.

Pada malam Gala dinner m tersebut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha tampak akrab bersama Menteri DR. Vivian Balakrishnan saat diminta turut memotong kue selebrasi kemerdekaan Singapura ke 52. Malam gala dinner juga diisi dengan pergelaran tarian tradisional dan penampilan musik orchestra dari Singapura.

Sebagaimana diketahui, Singapura yang memiliki beberapa persamaan karakteristik dengan Kota Jambi, seperti keterbatasan sumber daya alam, dan hampir seluruh kebutuhannya diimpor dari negara lain, namun Singapura memiliki kekuatan sumber daya manusia yang menjadi modal utama pembangunan di negaranya. Hal tersebut lah yang ingin diduplikasi Wali Kota Fasha dalam visinya membangun Kota Jambi.

Wali Kota Fasha memang tidak hanya bekerja keras membangun infrastruktur dasar. Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM Pemkot Jambi juga merupakan target utama dirinya dalam membangun Kota Jambi. Oleh karena itu, melalui program SCP (Singapore Cooperation Programme), yang telah terjalin 3 tahun terakhir, membawa efek signifikan dalam meningkatkan kompetensi serta merubah mindset ASN Pemkot Jambi menjadi lebih baik lagi. (ADV HMS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.