News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bupati Buka Kegiatan Panen Ikan di Lubuk Larangan

Bupati Buka Kegiatan Panen Ikan di Lubuk Larangan

THE JAMBI TIMES - KUALA TUNGKAL -Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial ,MS menghadiri sekaligus membuka Lubuk Larangan Sungai Bungin di Desa Muara Danau, Kecamatan Renah Mendaluh.

Hadir juga pada acara tersebut para Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Mulyani Siregar, SH dan Ahmad Jahfar, SH, serta anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Tanjab Barat Ombing Sukisman dan Safrizal Lunis, SH.

Tampak hadir juga Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP, Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. H. Zabur Rustam, MM dan beberapa kepala OPD, Camat Renah Mendaluh, Bambang Hermanto, SE, Kepala Desa Muara Danau Ir. Isno Suprapto dan Tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat yang sudah peralatan menangkap ikan.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjabbar H. Safrial, berharap pembukaan Lubuk Larangan tersebut dapat menambah penghasilan masyarakat khususnya Desa Muara Danau. Selain itu juga menambah tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat, karena ikan merupakan makanan dengan sumber gizi yang yang baik.

Melihat hasil dan potensi yang ada. Bupati berharap kegiatan lubuk larangan itu dapat dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar mendorong pendapatan bagi Desa Muara Danau.

"Kedepannya saya berharap kegiatan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar dapat meningkatkan pendapatan desa yang berguna bagi kemajuan ekonomi dan pembangunan desa Muara Danau", ujar Safrial.

Kegiatan panen ikan lubuk larangan ini direncanakan akan menjadi acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Terlihat begitu dibuka oleh Bupati, Meskipun cuaca sedang panas, masyarakat langsung beramai-ramai terjun ke sungai bungin yang sudah setengah dikeringkan untuk berlomba-lomba menangkap ikan dengan alat tangkap yang telah ditentukan panitia. 

Kepala Desa Muara Danau, Ir. Isno Suprapto, menyampaikan bahwa kegiatan lubuk larangan paru pertama kali diadakan itu, diinisiyasinya bersama masyarakat Muara Danau, melihat potensi ikan yang ditebar setahun lalu cukup banyak siap dipanen. Dengan cara panen ramai-ramai hasil tangkap langsung jadi hak mereka.

"Dulu benih ikan yang kita tebar dari Dinas Perikanan Tanjabbar berupa benih ikan klemak, baung dan ikan, patin. Dan ada juga ikan tunggu yang sudah ada yaitu ikan nila tampa dirawat layaknya tambak. Namun hasilnya baik siap dipanen," katanya. 

Kedepan, lanjut Isno, sesuai arahan Bapak Bupati H. Safrial, kegiatan ini agar dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diharapkan mendongkarak pendapatan Desa Muara Danau.

Isno juga mengatakan masyarakat yang hadir dikegiatan pembukaan hari ini bukan saja dari Desa Muara Danau, melainkan dari desa lain, bahkan dari kecamatan dan kabupaten lain seperti Kabupaten Tebo yang kebetulan berbatasan langsung dengan Desa Muara Danau. (Kom).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.