News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Inflasi Menurun, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat,Fachrori Umar Bacakan Nota Pengantar APBDP 2017

Inflasi Menurun, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat,Fachrori Umar Bacakan Nota Pengantar APBDP 2017

THE JAMBI TIMES - JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD Provinsi Jambi tahun 2017 beserta Nota Keuangan dan Penyampaian Pengantar KUA dan PPAS APBD Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Senin (21/08/2017), yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Chumaidi Zaidi. 
Wagub menjelaskan, perkembangan pertumbuhan ekonomi Jambi pada triwulan pertama tahun 2017 menunjukan pertumbuhan sebesar 5,0 persen, sedikit lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi triwulan yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 4,9 persen. "Secara tahunan inflasi Provinsi Jambi pada triwulan pertama pada tahun 2017 menunjukan angka sebesar 2,85 persen, relatif lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional yaitu sebesar 3,61 persen, dan triwulan sebelumnya berada pada angka 4,39 persen. Penurunan tingkat inflasi tersebut utamanya didorong oleh turunnya inflasi pada kelompok bahan pangan yang bergejolak," tutur Wagub.

Wagub mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Wagub juga menyampaikan bahwa Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun 2018, dengan rencana target pendapatan daerah sebesar Rp3,315 triliun. Jumlah tersebut berkurang sebesar Rp874,78 milyar jika dibanding dengan APBD tahun anggaran 2017 yang ditetapkan sejumlah 4,163 triliun atau menurun sebesar 20,36 persen. "Penurunan target pendapatan disebabkan oleh diperhitungkannya Dana Transfer Khusus, yang pada tahun 2017 tercatat sejumlah 967,58 miliar," ungkap Wagub.

Wagub menjelaskan, dalam penyusunan rancangan kebijakan umum APBD dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun 2018, belanja langsung difokuskan pada program dan kegiatan yang manfaat capaian kerjanya lebih menyentuh kepentingan masyarakat, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan pemerintah daerah kepada kepentingan publik. "Saya telah memberikan penekanan kepada seluruh kepala OPD, untuk menyusun program dan kegiatan yang lebih efektif dan efisien untuk distribusikan anggaran pada masing-masing OPD, juga dibuat pada buku Rancangan KUA dan Rancangan PPAS APBD tahun 2018," jelas Wagub.

"Kebijakan bidang sarana dan prasarana, khususnya infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan Fly Over (Jembatan layang) Tugu Juang, jalan untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh dari sentra produksi dan mengurangi kemacetan jalan. Pemerintah Provinsi Jambi akan berkerja sama dengan Pemerintah Kota, pada tahun 2018 akan dimulai pengerjaannya sebagai salah satu Ikon yang mendukung estetika perkotaan di Jambi," sambung Wagub.

"Dengan disampaikannya nota pengantar rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2018 pada DPRD Provinsi Jambi diharapkan dapat dibahas dan disepakati antara Gubernur Jambi dengan DPRD Provinsi Jambi dalam bentuk nota kesepakatan sebagai dasar penyusunan rancangan APBD tahun anggaran 2018," pungkas Wagub (ADV HMS).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.