News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Dapat Pujian Kemeterian,APPI Ciptakan Batang Hari Jadi Percontohan

Dapat Pujian Kemeterian,APPI Ciptakan Batang Hari Jadi Percontohan

 

THE JAMBI TIMES - BATANG HARI - Alat Pembuat Pakan Ikan (APPI) yang diproduksi Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari, mendapat pujian dan menjadi percontohan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Alat tersebut nantinya akan dibagikan kepada Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) kolam maupun keramba yang tersebar di beberapa kecamatan.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari, Amir Hasbi mengatakan, APPI buatan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Batanghari ini dapat memproduksi pakan yang sangat menguntungkan kelompok. Sebab selisih harga dengan pakan di pasaran sangat signifikan. 
Diketahui, harga pakan ikan di pasaran yang berkisar Rp. 5.500-6000 perkilo. Namun dengan alat ini, mampu memproduksi pakan yang selisih harganya jauh di bawah harga pasar, senilai Rp. 1.500-2000 perkilo. 
" Berdasarkan evaluasi yang dilakukan beberapa Pokdakan seperti di Desa Aro Kecamatan Muara Bulian, Senaning, Lubuk Ruso, dan kawasan minopolitan di Kecamatan Pemayung, dalam memproduksi pakan ikan mandiri, hasil yang didapat jauh lebih murah dari harga pasar," tutur Amir Hasbi.
" Hal ini sangatlah menguntungkan kelompok dan dapat memproduksi pakan secara banyak," imbuhnya.
Dari hal inilah, sambungnya, maka APPI buatan Batanghari ini, menjadi percontohan bagi Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, untuk diterapkan bagi seluruh pokdakan di seluruh Indonesia.
" Seminggu yang lalu, tim Kementrian Kelautan dan Perikanan, ke Desa Aro membuat film dokumenter proses pembuatan pakan ikan untuk kolam dan keramba tersebut," bebernya. 
" Film tersebut akan diserahkan ke seluruh Pokdakan di setiap daerah di Indonesia sebagai percontohan. Alhamdulillah, ini kebanggaan bagi Kabupaten Batanghari," timpalnya.... ( iip )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.