News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Zola:Drainase dan Resapan Air Menjadi Permasalahan Utama

Zola:Drainase dan Resapan Air Menjadi Permasalahan Utama



THE JAMBI TIMES - JAMBI -  Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengajak Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan Balai Wilayah Sungai Sumatera VI untuk bersama-sama mencegah terjadinya banjir di Kota Jambi dan sekitarnya. Dalam pertemuan tersebut mengemuka bahwa drainase dan resapan air merupakan permasalahan utama yang menyebabkan terjadinya banjir besar di Kota Jambi pada 14 Juni 2017 lalu. Untuk itu, Zola mengajak Pemkot Jambi dan Balai Sungai untuk bersinergi, bahu membahu mengatasi berbagai permasalahan yang potensial menyebabkan terjadinya banjir. Hal itu disampaikan Zola dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kota Jambi dan Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, bertempat di VIP Room Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (18/07/2017) siang.


Wakil Walikota Jambi, H.Abdullah Sani, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Kepala Dinas Tata Ruang dan Perumahan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Jambi dan instansi terkait lainnya ikut serta dalam rapat koordinasi tersebut.



Gubernur Zola mengungkapkan, masalah drainase perkotaan, kondisi aliran sungai, wilayah resapan yang sudah beralih fungsi menjadi perumahan, pelebaran jalan, pembebasan lahan, fly over, perlu tersedianya daerah tangkapan air yang memadai, serta perlu adanya kajian dari dampak pembangunan jalan, merupakan masalah yang harus diselesaikan bersama secara bersinergi antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, dan Balai Wilayah Sungai.



Gubernur Zola menjelaskan, contoh permasalahan di Kota Jambi adalah masalah banjir, ada 8 jalur aliran air di Kota Jambi, apabila hujan deras datang, akan menyebabkan banjir, sementara saat ini curah hujan tidak bisa diprediksi. "Nantinya akan ada penetapan wilayah prioritas untuk mengatasi masalah banjir ini, jadi dalam jangka pendek akan dilakukan normalisasi jalur aliran air yang menyebabkan banjir besar sehingga pengerjaannya akan lebih fokus," jelas Zola.



Gubernur Zola menerangkan, keberadaan sejumlah perumahan di Kota Jambi, ikut menjadi penyebab banjir yang terjadi di Kota Jambi, karena drainase yang dibangun oleh pihak pengembang tidak sesuai dengan ketentuan serta tidak adanya daerah resapan air, dan juga terjadi penimbunan di daerah resapan air itu sendiri untuk mendirikan perumahan.


"Saya sudah meminta kepada Pak Wakil Walikota untuk mengevaluasi pihak pengembang yang telah diberikan izin ini, apakah sudah sesuai dengan ketentuan. Jika belum sesuai, maka cepat memberitahukan kepada pihak pengembang untuk membuat itu semua sesuai dengan ketentuan," tegas Zola.


Lebih lanjut, Gubernur Zola meminta kepada semua pihak baik dari Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, maupun Balai Wilayah Sungai beserta masyarakat, untuk bekerjasama menjaga Jambi agar terbebas dari banjir.



Selain membahas pencegahan banjir di Kota Jambi, dalam rapat tersebut juga dibahas pembangunan infrastruktur. Keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, kata Zola, sekitar 80 s/d 90 persen terkait infrastruktur. "Pertemuan yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mencari solusi agar permasalahan yang ada serta keluhan dari masyarakat cepat teratasi," tutur Zola.(ADV HMS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.