News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bupati Tanjab Barat MoU dengan Walikota Surabaya

Bupati Tanjab Barat MoU dengan Walikota Surabaya



 
THE JAMBI TIMES - KUALA TUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS, bersama 17 Bupati dan Walikota lainnya Menandatangai Nota Kesepahaman Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan dengan Pemkot Surabaya di Lt. 2 Balai Kota Surabaya Jawa Timur. 

Penandatangan MoU ini dilakukan seusai upacara peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724, Rabu (31/5/17). 

Dalam sambutanbya Bupati Tanjab Barat H. Safrial mewakili 17 kepala daerah yang hadir, menyampaikan apresiasi serta mendukung secara penuh Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan ini, sebab dengan demikian, maka antara Pemkab Tanjabbar dan Pemerintah Kota lainnya dapat sharing pengalaman tentang penerapan serta pengembangan teknologi informasi dengan Pemkot Surabaya telah sukses menerapkan E-government dan mendorong adanya Efisiensi yang transparan Dan membangun kejujuran dan peradaban.

Bupati juga mengaku terinsipirasi dengan keberhasilan Surabaya dalam menerapkan sistem teknologi informasi e-government dan ini layak ditiru oleh pemda Tanjab Barat.

 Di mana selama ini Safrial mengaku kesulitan untuk menyerap aspirasi masyarakatnya dikarenakan kondisi geografis. 

Salah satunya, ada satu kecamatan yang berjarak 150 kilometer dari pusat kota serta beberapa kecamatan harus dijangkau melalui perairan.

“Saya berharap penandatanganan MoU ini akan segera ditindaklanjuti dengan rencana aksi konkrit yang disingkronkan dengan program dan kegiatan yang tertuang di dalam RPJMD Tanjab Barat. 
Sehingga nantinya akan ada kegiatan inovatif yang dilaksanakan secara bersama antara  OPD Pemkot Surabaya dan OPD Tanjab Barat dan daerah lainnya," ungkapnya.

Untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut, lanjut Safrial, kami kirim Bappeda untuk menjajaki model-model siatem informasi yang telah ditetapkan Pemkot Surabaya. 

Agar kami bisa mengaplikasikan di Kabupaten kami. "Dan keterbukaan ibu wali kota Surabaya Tri Rismaharini, yang sangat welcome mau membantu. Kami optimis bisa mewujudkan e-planning untuk meningkatkan serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, melalui pemanfaatan teknologi informasi di Tanjab Barat," tutur Safrial.

Menagakhiri sambutannya Bupati Safrial juga mengcapkan Selamat Hut Kota Surabaya ke 724 Tahun 2017.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak bupati dan wali kota yang menjalin kerjasama ini untuk menerapkan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi di daerahnya. Tidak harus semua daerah sama persis dengan Surabaya. Yang terpenting, kita bisa maju bersama-sama. “Dan saya senang jika banyak pemerintah daerah yang mengadopsi ini. Sehingga semua daerah bisa maju bersama-sama, dan saya siap bantu untuk itu semua," jelas Risma.

Kepada para kepala daerah, Risma memaparkan manfaat penerapan e-government. Di antaranya, bisa mengurangi potensi korupsi karena memangkas celah terjadinya permainan antara oknum birokrat dan pihak luar. Selain itu, adanya penghematan yang bisa dialokasikan untuk pelayanan kepada masyarakat. 

Karenanya, lanjut Risma, manfaat teknologi informasi ini sangat signifikan. "Ini bukan hanya untuk transparansi, tetapi juga untuk penghematan. Kami bisa membangun jalan-jalan baru dengan biaya sendiri, karena adanya penghematan dari sini," jelas wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan itu.

Turut hadir pada acara Penandatangan MoU kemarin, Aisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ahmdani, Asisten Administrasi Umum Jeter Simamora, S.IP, Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, MM, Kadis Kominfo Ir. H. Taharuddin, Kepala BPPRD Yon Heri, SP, ME. (A2N) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.