Terpopuler

Back to Top

Video

Walikota Jambi Terima Anugerah Wahana Tata Nugraha

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times

THE JAMBI TIMES- JAMBI – Kota Jambi semakin bertabur prestasi. Bertempat di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta, Selasa (1/02), Wakil Presiden H. Muhammad Jusuf Kalla menyerahkan secara langsung penghargaan tertinggi di bidang lalu lintas yaitu Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha sebagai kepala daerah dengan kinerja terbaik tahun 2016 dalam bidang lalu lintas dan angkutan jalan untuk kategori kota besar.
Pemerintah Kota Jambi ditetapkan kembali sebagai penerima Wahana Tata Nugraha tahun 2016, karena dinilai berprestasi dalam penataan transportasi yang ber­kelan­jutan, berbasis kepenti­ngan publik dan ramah lingkungan.
Penghargaan tersebut juga adalah yang ke 3 kalinya berturut-turut diterima Kota Jambi sejak dibawah kepemimpinan Wali Kota H. Syarif Fasha. Sebelumnya Kota Jambi telah menerima penghargaan yang sama pada tahun 2014 dan 2015 lalu.
Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, kepada sejumlah wartawan sesaat setelah menerima penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan tertinggi di bidang lalu-lintas dan angkutan jalan ini adalah wujud dukungan atas upaya
pemerintah dalam pembangunan dibidang lalu-lintas dan perhubungan, yang sebelumnya telah dilakukan penilaian oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Fasha mengatakan, penghargaan tersebut bukan hanya sebagai ajang lomba, akan tetapi lebih diarahkan kepada upaya evaluasi sekaligus motivasi dalam peningkatkan pelayanan transportasi publik di suatu wilayah, sehingga nantinya diharapkan ada sinergitas antar pemerintah dan masyarakat.
“Semoga dengan adanya pemberian penghargaan ini, upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat di Kota Jambi dapat semakin baik,” ujarnya.
Fasha juga menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki dan meningkatkan berbagai sarana dan prasarana perhubungan di Kota Jambi, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih maksimal.
Senada dengan Wali Kota Jambi, Kapolresta Jambi Kombespol Bernard Sibarani, juga turut mengajak masyarakat untuk terus mempertahankan penghargaan tersebut dengan mematuhi peraturan lalu-lintas serta juga memelihara berbagai infrastruktur pendukung berlalu-lintas.
Sementara itu Plt. Kadis Perhubungan Kota Jambi, Rindang Afrianto mengatakan, sebelumnya selama kurun lebih satu tahun terakhir (2016-red), tim penilai dari Kemenhub turun ke ratusan kabupaten/kota termasuk di Kota Jambi untuk melakukan pemantauan dan penilaian.
“Penilaian yang sangat ketat tersebut terdiri dari 3 tiga tahap. Tahap I meliputi pemeriksaan administrasi, tahap II fokus pada pemeriksaan operasional yang meliputi sarana, prasarana, lalu lintas, serta pelayanan kepada masyarakat. Sementara untuk tahap III yang memiliki bobot yang tinggi yaitu komitmen (political will) kepala daerah, berupa penilaian kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan,” jelas Anto.
Anto juga mengatakan sebagai kota besar, tantangan penataan lalu-lintas dan angkutan jalan di Kota Jambi kedepan semakin tinggi dan kompleks. Diharapkannya penghargaan ini sebagai pemicu semangat jajarannya untuk terus melakukan penataan dan peningkatkan termasuk koordinasi yang baik dengan jajaran terkait dalam memberikan pelayanan lalu-lintas dan angkutan jalan di Kota Jambi.
Berdasarkan pantauan media ini, beberapa tahun terakhir, Wali Kota Jambi Syarif Fasha beserta jajarannya telah banyak melakukan penataan kota untuk mendukung lalu lintas (transportasi publik-red) yang baik. Diantaranya seperti pemotongan tiang-tiang reklame yang mengganggu jalan, penertiban pedagang di bahu jalan yang dapat mengganggu lalu lintas, penataan parkir dan marka jalan, peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan trotoar atau pedestarian bagi pejalan kaki. Termasuk pembersihan jalan-jalan umum oleh petugas kebersihan disetiap pagi dan sore hari. 
Sementara untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan transportasi di malam hari, Pemkot juga meningkatkan penerangan lampu jalan, termasuk pemasangan lampu LED (smart lamp).
Tampak jajaran Pemerintah Kota Jambi bersama Polresta Jambi antusias menyambut kedatangan Piala Wahana Tata Nuhraha yang langsung dibawa Wali Kota Jambi Syarif Fasha, kemarin sore (31/1). Prosesi penyambutan pun digelar di VIP Room Bandara Sultan Thaha Syaifuddin yang selanjutnya diarak menuju Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jambi.(TL)