Terpopuler

Back to Top

Video

Walikota Bangga,Puskesmas Paal 10 Ciptakan Inovasi Wisuda Ibu Hamil

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times




THE JAMBI TIMES - JAMBI – Instruksi Wali Kota Jambi Syarif Fasha kepada seluruh jajarannya agar menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tampak berhasil, tak terkecuali dibidang layanan kesehatan bagi masyarakat. Setelah sebelumnya Pemerintah Kota Jambi melahirkan inovasi layanan kesehatan dirumah (Home Care-red), kini Kepala Puskesmas dalam kota Jambi pun turut berlomba melahirkan berbagai inovasi.

Hal tersebut tampak pada kegiatan unik yang disebut dengan “Wisuda Ibu Hamil dan Kelas Balita”, yang diselenggarakan oleh Puskesmas Paal 10 Kota Jambi, Rabu (8/2). Inovasi yang diciptakan oleh puskesmas yang berada di Kecamatan Kotabaru ini, hadir untuk menjawab tantangan yang diberikan oleh Wali Kota Jambi.

Kepala Puskesmas Paal 10, drg. Gufrinaldi, mengatakan bahwa, konsep kegiatan tersebut pada dasarnya adalah untuk memberikan edukasi yang tepat kepada para ibu hamil yang sedang menjalani masa kehamilan hingga pada akhirnya melahirkan dengan selamat dan paripurna saat bayi mencapai usia balita, tumbuh kembang secara sehat dan sempurna.

Ditambahkannya, inovasi ini tercipta karena keprihatinan dirinya karena masih banyaknya pemahaman keliru tentang proses kehamilan yang berkembang ditengah masyarakat.

“Saat ini masih banyak kita dengar dan saksikan, ditengah masyarakat kalau kita bicara soal ibu hamil masih saja ada hal yang tabu, pantangan dan sebagainya. Hal tersebut kadangkala secara medis keliru, bahkan dapat merugikan kesehatan ibu hamil tersebut. Selain itu kami juga ingin menekan angka kematian ibu dan bayi pada proses kelahiran, melalui sarana pendidikan edukatif dan aplikatif seperti ini,” jelas Gufrinaldi.

Gufrinaldi menambahkan, ibu-ibu hamil tersebut pada hari Jumat setiap minggunya menggikuti kelas ibu hamil. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pemeriksaan kesehatan kehamilan, senam hamil, edukasi gizi dan sosialisasi mengenai perawatan kesehatan selama kehamilan hingga menunggu proses kelahiran.

Sementara khusus untuk balita, program ini diikuti oleh balita yang telah dilahirkan oleh ibu yang mengikuti kelas ibu hamil, maupun balita lainnya. Adapun kelas balita, program yang dilaksanakan adalah pemeriksaan kesehatan, imunisasi, edukasi gizi, pemeriksaan tumbuh kembang, hingga pengajaran balita mandiri, seperti sikat gigi mandiri dan menjaga kesehatan pribadi.

Pada kegiatan tersebut tercatat ada 115 peserta yang di wisuda, terdiri dari 45 orang ibu hamil dan 70 orang balita. Pada acara tersebut, para ibu hamil dan balita yang telah mengikuti kelas edukasi tersebut, diberi tanda penghargaan oleh Puskesmas Paal 10 dan Camat Kotabaru Feriyadi, atas nama Wali Kota Jambi.

Sementara itu salah seorang ibu hamil, Nurbaiti (27) yang hadir bersama balitanya, menyampaikan rasa gembiranya karena turut di wisuda dalam acara unik tersebut.

“Alhamdulillah, senang pak, ibu sehat, kandungan sehat, bayi kami jugo sehat. Kami sudah jadi sarjana pak, sarjana ibu hamil,” canda Nurbaity kepada media ini.

Ditempat terpisah, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebagai inovasi yang diciptakan oleh Puskesmas Paal 10.

“Saya patut mengapresiasi inovasi ini, karena kegiatan ini sangat bernilai positif bagi perkembangan kualitas kesehatan masyarakat Kota Jambi. Saya juga menghimbau kepada seluruh kepala puskesmas yang ada di Kota Jambi untuk dapat menelurkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Fasha.(ADV)