News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pemkab Sediakan Lahan 25 Hektar untuk TTP

Pemkab Sediakan Lahan 25 Hektar untuk TTP


THE JAMBI TIMES - MUARASABAK – Untuk menunjang kemajuan Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang berada di Kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim, Pemkab Tanjabtim telah menyediakan lahan seluas 25 Hektar. Selain itu, juga Pemkab telah melakukan MoU dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI, Senin (16/1.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto,SE mengatakan, banyak pihak yang berperan dalam pengembangan TTP tersebut. Salah satunya dalam pembebasan lahan yang akan dihibahkan untuk pengembangan teknologi pertanian yang dipusatkan di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Geragai. ‘’Hibah lahan yang akan diberikan ini adalah hibah lepas, dan mekanismenya harus melalui persetujuan DPRD,’’ kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, dari 25 hektar lahan tersebut, saat ini telah tersedia tujuh hektar lahan. Bahkan saat ini telah dibangun beberapa fasilitas di TTP, yang bersumber dari dana APBN. ‘’Pada 2017 ini,
Pemkab Tanjabtim juga telah mengalokasikan dana untuk membangun faslitas TTP lainnya,’’ terang Bupati.

Sementara, lanjutnya, sisa lahan sekitar 18 hektar dari 25 hektar tersebut, Pemkab akan mengalokasikan dana untuk pembebasan ganti rugi lahan atau tanam. Seiring dengan progres pembangunan dari lahan seluas tujuh hektar, yang saat ini telah tersedia di TTP. ‘’Kami harap progres pengembangan teknologi pertanian, di lahan yang telah tersedia seluas tujuh hektar dapat maksimal. Terima kasih kepada pihak Balitbangtan, yang telah mempercayakan Tanjabtim sebagai salah satu lokasi pembangunan TTP,’’ jelas nya

Sementara, Kepala Balitbangtan Kementan RI, M. Syakir mengatakan, keberadaan TTP di Kabupaten Tanjabtim kedepannya tidak hanya sebagai pusat pengembangan teknologi pertanian. Namun sebagai pusat pengkaderan pemuda, sebagai ujung tombak untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. ‘’Untuk mempercepat meningkatkan hasil produksi pertanian berbasis teknologi, pemerintah pusat menggandeng Pemda salah satunya adalah Pemkab Tanjabtim,’’ tandasnya.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.