News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bupati Syahirsah Luncurkan Kartu Batang Hari Sehat

Bupati Syahirsah Luncurkan Kartu Batang Hari Sehat


THE JAMBI TIMES - BATANG HARI - Bupati Batanghari Ir. H.Syahirsah SY, dalam waktu dekat akan meluncurkan Kartu Batanghari Sehat (KBS). Nantinya, program ‘kartu sakti’ Bupati Syahirsah ini akan mengintegrasikan layanan berobat gratis dan santunan kematian.

Bupati Syahirsah kepada wartaran menjelaskan, KBS akan diserahkan kepada masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar sebagai peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS. Dengan hadirnya KBS, Bupati Syahirsah berharap masyarakat golongan tidak mampu dapat terbantu dalam mendapatkan layanan kesehatan.

“ Insya Allah dalam waktu dekat ini Pemkab Batanghari akan segera meluncurkan KBS, sasarannya yakni bagi masyarakat kurang mampu,” kata Bupati Syahirsah.

Orang nomor satu di Bumi Serentak Bak Regam ini menambahkan, sasaran KBS dalam pendistribusian nantinya akan mencapai sekitar 40 ribu warga. Pasalnya, berdasarkan data yang diperoleh, ada sekitar 40 ribu warga golongan tidak mampu yang belum terdaftar sebagai peserta KIS dan BPJS.

“ KBS akan diberikan kepada masyarakat sekitar 40 ribu jiwa, karena mereka belum terdaftar sebagai penerima KIS dan BPJS,” beber Bupati.

Ditambahkan Bupati Syahirsah, saat ini proses pendataan calon peserta penerima KBS hampir rampung. Rencananya KBS akan diluncurkan pada Maret 2017 mendatang.

“ Semua calon penerima sedang dalam pendataan, kalau tidak ada aral melintang, Maret mendatang sudah bisa disalurkan kepada masyarakat,” tutur Bupati.

Pemkab Batanghari telah menjalin kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan. Anggaran senilai Rp. 1,5 miliar untuk membayar premi kesehatan pun juga sudah disiapkan.

Selain mengcover biaya perawatan pasien, melalui KBS, Pemkab Batanghari juga menjamin biaya opersional keluarga pasien selama berjaga di rumah sakit. Tak hanya itu, pengguna KBS juga berhak menerima santunan kematian.

Berdasarkan data sementara, sedikitnya ada sekitar 150 ribu masyrakat yang saat ini belum merdaftar sebagai peserta KIS dan BPJS. Bupati Syahirsah mengatakan, dengan jumlah tersebut, tentu tidak akan tercover secara seluruhnya.
“ Pemerintah ingin mengcover semua masyarakat Batanghari kedalam KBS, namun alangkah baiknya jika pemerintah Provinsi Jambi juga ikut mensubsidi program ini,” harap Syahirsah. (iip)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.