News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pembangunan Jalan Evakuasi Kerinci Ditolak NGO Lingkungan

Pembangunan Jalan Evakuasi Kerinci Ditolak NGO Lingkungan

 
THE JAMBI TIMES - JAMBI - Gubernur Jambi, Zumi Zola, terus berupaya memperjuangkan terwujudnya jalur evakuasi untuk kebutuhan masyarakat di Kerinci dan sekitarnya. Pasalnya jalur yang ada saat ini dinilai terlalu jauh untuk kepentingan evakuasi jika terjadi tanggap darurat terhadap Gunung Berapi tertinggi di Indonesia tersebut.
 
 
Tapi perjuangan Zumi Zola itu, kini tampaknya harus terbentur oleh penolakan NGO Lingkungan. Jalur evakuasi yang membelah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sepertinya mendapat penolakan dari penggiat lingkungan ditingkat lokal, nasional hingga dunia.
 
“Saya menghormati NGO-NGO yang mengkhawatirkan rusaknya TNKS, Saya tidak berseberangan, Tapi saya disini berbicara soal kemanusiaan. Gunung masih aktif. Ketika ini, Insya allah jangan terjadi gunung meletus,” bilang Zola menjawab sejumlah awak media terkait perihal ini (23/8).
 
Jalur Evakuasi diharap menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dan pemerintah daerah, Namun, Dalam praktiknya, sekalipun sudah lama diperjuangkan, hingga kini sepertinya masih belum ada titik terang jadi tidaknya dibangun jalan evakuasi ini.
 
Karena status kawasan TNKS yang merupakan area konservasi menjadi kewenangan pemerintah pusat.
 
“Kalau teman dari NGO bilang, oh tidak boleh. Pertanyaan saya, mana pilihan yang terbaik?” tanya Zola, Gubernur Jambi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Irmansyah, saat dikonfirmasi, Rabu (24/8) Mengatakan, Bahwa kewenangan atas hal ini ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Kewenangan ada di Menteri LHK RI” ujarnya singkat pada media ini.
 
Lantas, Bagaimana tanggapan para pihak dan masyarakat menyikapi persoalan ini? Apakah juga akan menolak atau sebaliknya? Simak penelusuran kami lebih lanjut. (JP-03)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.