Terpopuler

Back to Top

Video

Objek Wisata Di Muara Bungo

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times

Objek Wisata Di Muara Bungo, Jambi

THE JAMBI TIMES - BUNGO - Bagi anda yang suka jalan-jalan atau berwisata, tidak ada salahnya memilih Kabupaten Bungo sebagai salah satu tujuan wisata anda. Kabupaten yang beribukota di Muara Bungo ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo tanggal 12 Oktober 1999. Luas wilayahnya 8.840 km² dengan populasi ±221.686 jiwa.

Beberapa tempat rekreasi atau objek-objek wisata yang dapat anda kunjungi antara lain:

- Lapangan Semagor Muara Bungo

Lapangan semagor ini terletak di pusat kota Muara Bungo. Lokasi ini setiap hari selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama kaula muda untuk sekedar duduk dan bersantai hingga menyantap makanan dan minuman yang diual disana.
- Taman Kota Bungo


Taman yang terletak di Jantung Kota Muara bungo kota Bungo ini merupakan wisata kota keluarga yang cukup representatif dan sering dikunjungi warga Kota Muarabungo dan sekitarnya.
Jalan akses untuk mencapai taman ini sangat mudah, berada di pinggiran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Persisnya di depan Kompleks Wiltop Bungo Plaza (WBP).
Taman ini tertata apik, dengan jalan setapak di kanan kiri ditumbuhi bunga. Fasilitas yang terdapat di dalamnya adalah sebuah pendopo di atas kolam seluas 4×7m, Kios makanan dan rumah makan siap saji serta permainan air berupa kereta bebek air (sepeda air).

- Taman Hijau Muara Bungo


ini dia yang terbaru dari kota muara bungo, ini adalah salah satu tempat bagi yang mau santai disore hari, dengan pemandangan yang menyegarkan mata kalian dengan tema hijau, (Taman Hijau) adalah salah datu direkomendasikan oleh Bapak Bupati Muara Bungo.. yaitu terletak di Jl. Lintas Sumatra Km. 0 .. tempat ini masih dalam proses tapi sebagian sudah selesai . yuk ramaikan!!!

Photo Taman Hijau Saat ini
- Semagi Waterpark Muara Bungo



Semagi Watepark memiliki luas 12 Ha terletak di Km 09 sebelum SPBU arah Bangko. Menyediakan 6 wahana permaianan air, seperti seluncuran dengan empat kolam renang dan dua kolam kendaraan dayung air. yuk bagi yang mau main air, mari datang ke Semagi Waterpark Muara Bungo!

- Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri terdapat di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, berjarak ± 34 Km dari ibu kota kabupaten Bungo.
Air Terjun ini bersumber dari perbukitan dengan ketinggian 26 m. Telah terdapat tempat permandian & lapangan parkir. Disekitar tempat ini masih banyak berkeliaran berbagai jenis kera & beruang madu. Juga masih sering ditemukan Bunga Bangkai (Amorphopallus Titanum).


- Dam Semagi pelayang



Dam/waduk yang dimanfaatkan pula sebagai fasilitas wisata air/tirta. Keduanya di Kecamatan Tanah Tumbuh, 35 & 48 km dari Muara Bungo.

Dam Semagi merupakan bangunan air peninggalan penjajah Belanda, dibangun tahun 1937, hingga sekarang masih berfungsi dengan baik. Mempunyai saluran tertier sepanjang 26.045 m dengan 9 bangunan, dapat mengairi sawah seluas 248 ha. Sedangkan dam Batang Uleh selain sebagai irigasi sawah dihilirnya, juga dimanfaatkan sebagai wisata tirta & budidaya ikan keramba.
- Dam Tapus Tanah Tumbuh



Merupakan situs bersejarah yang terletak di Kecamatan Tanah tumbuh, Desa Batang Uleh, 60 km dari Muara Bungo. Dam ini berangka tahun 1787 M. Di desa Batang uleh, kotojayo, tanah tumbuh, karena menurut cerita, tokoh ini memiliki sejarah penjajahan zaman belanda dan japan.
Poto Dam Tapus Saat ini


- Sungai Tembulun

 
Terdapat di kecamatan Jujuhan Muara Bungo, lokasi ini direncanakan untuk dijadikan lokasi Arung Jeram.


- Air Terjun Lubuk Mengkuang
Bagi yang mau Adventure,, admin menyarankan ke Air Terjun Limbur Lubuk Mengkuang,,, karena disana terdapat berbagai macam perjalanan yang menyenangkan,, salah satu nya yaitu kita melewati 7 sungai dan dikelilingi hutan yang masih alami, My Trip My Adventure.






Kabupaten Bungo memiliki beberapa objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Tegan Kiri. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter dengan panorama alam yang sangat indah dan masih asri. Air terjun ini bersumber dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter. Air Terjun Tegan Kiri tepatnya berada di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan. Air terjun yang kini telah menjadi sumber air bagi warga rantau pandan, ternyata memiliki cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat sekitar.





Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tegan Kiri, kita harus menempuh perjalanan darat dengan jarak kurang lebih 30 km dari Ibukota Kabupaten Bungo, Muaro Bungo - Jambi. Pengunjung bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil karena infrastruktur jalan menuju kesana sudah ada walaupun tidak begitu bagus, sebab aspal dibadan jalan telah banyak yang terkelupas. Untuk dapat masuk kedalam kawasan objek wisata ini terlihat palang portal penutup dan penjaga / petugas tiket masuk. Pengunjung harus membayar tiket masuk Rp.10.000/orang, lalu setelah sampai didalam, bagi yang membawa kendaraan akan diminta untuk membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp.5.000.


Sesampainya dilokasi, Pengunjung kembali harus menuruni tangga beton terlebih dahulu untuk mencapai titik Air Terjun Tegan Kiri ini. Namun, para pengunjung tidak akan kecewa ketika sudah sampai di air terjun, semua rasa lelah hilang sudah ketika melihat indahnya pemandangan alam disekitar air terjun.





Air Terjun Tegan Kiri ini pertama kali ditemukan oleh Orang Kubu atau Suku Anak Dalam (SAD), mereka lantas memberitahunnya kepada penduduk dusun. Keturunan dari mereka yang menemukan air terjun ini lah yang kini menjaganya. Mereka terdiri dari 2 (dua) keluarga, yakni keluarga penjaga pintu masuk dan penjaga parkir.


Suara tangisan yang terdengar di gemerciknya air terjun seperti tangisan seorang wanita muda (gadis), biasanya akan terdengar di saat hujan turun disertai panasnya matahari. Kendati masyarakat sekitar sering mendengar suara gadis menangis, tetapi tidak pernah diganggu oleh apapun termasuk dari sumber suara tersebut.


Menurut masyarakat sekitar, dulunya di lokasi air terjun ini pernah tumbuh bunga bangkai. Pernah kejadian ada 2 orang anak gadis yang meninggal misterius saat memegang bunga bangkai tersebut, makanya setelah kejadian itu kawasan Air Terjun Tegan Kiri ini sering terdengar suara tangisan. Sehingga masyarakat sekitarnya berkesimpulan suara tangisan pada air terjun ini adalah suara tangisan arwah gadis tersebut.
 

Daftar Destinasi Wisata di Kabupaten Bungo

Foto:Semagi Water Park Muara Bungo/sumber foto disini
Daftar Destinasi Wisata di Kabupaten Bungo - Kabupaten Bungo terletak dibagian barat Provinsi Jambi. Dikabupaten ini terdapat berbagai objek wisata baik itu objek wisata alam, sejarah, dll. Berikut adalah daftar destinasi wisata di Kabupaten Bungo:

1. Wisata Alam Dam Semagi   (Bathin II Pelayang) 
2. Air Terjun Tegan Kiri  (Rantau Pandan)
3. Semagi Water Park  (Muara Bungo)     
4. Taman Kota Angso Duo  (Muara Bungo)
5. Taman Hutan Cadika (Rimbo Tengah)        
6. Taman Pusparagam (Muara Bungo)
7. Pemancingan Saung Kuring  (Rimbo Tengah)       
8. Dam Sungai Arang (Bungo Dani)        
9. Dam Tapus  (Tanah Tumbuh)       
10. Masjid Tuo Al-Falah Empelu (Tanah Sepenggal)
11. Kompleks Rumah Tuo Tanah Periuk (Tanah Sepenggal Lintas) 
12. Air Terjun Renah Sungai Ipuh (Limbur Lubuk Mengkuang)         
13. Goa Gending  (Limbur Lubuk Mengkuang)        
14. Air Terjun Rantau Tipu (Limbur Lubuk Mengkuang)        
15. Air Terjun Renah Sungai Besar  (Limbur Lubuk Mengkuang)        
16. Air Terjun Sungai Layang (Rantau Pandan)      
17. Air Terjun Sungai Tenang (Rantau Pandan)        
18. Goa Alam (Rantau Pandan)        
19. Batu Tapak Sembilan (Bathin III Ulu)        
20. Air Terjun Sungai Inum (Rantau Pandan)        
21. Air Terjun Pancuran Gading (Rantau Pandan)       
22. Batu Gelogo Buto (Bathin III Ulu)        
23. Air Terjun Punjung Empat (Pelepat)        
24. Goa Batu Luah Muaro (Pelepat)
(falevi/sapriono/mk)