News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Gubernur IPDN Gelar Kuliah Terbuka

Gubernur IPDN Gelar Kuliah Terbuka


The Jambi Times - Merangin - Atas undangan Bupati Merangin H Al Haris, Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof Dr Drs Ermaya Suradinata SH MH MS kemarin (5/4), menggelar kuliah terbuka di Aula Bappeda Merangin.

Kuliah terbuka yang diikuti para pejabat dan pegawai di jajaran Pemkab Merangin itu, berlangsung khidmat. ‘’Sengaja kita undang Bapak Gubernur IPDN ini, guna  memberikan kuliah terbuka, menambah pengetahuan para pejabat,’’ujar Bupati.

Sudah cukup lama lanjut bupati, Gubernur IPDN itu diundang untuk datang ke Kabupaten Merangin, namun baru sekarang punya kesempatan hadir. Untuk itu bupati minta para pejabat memanfaatkan betul momen tersebut.

Pada kuliah terbukanya, Gubernur IPDN menyampaikan materi tentang ‘Refolusi Mental’. Menurutnya, refolusi mental itu harus terus dilakukan, agartercipta para pejabat yang tangguh, tegas, tangkas, tegar menghadapi masalah dan berkepribadian jujur.

‘’Seorang pejabat harus beriman dan loyalitas terhadap atasan. Prilaku pejabat harus bisa menjadi contoh masyarakat yang dilayani. Pejabat memberikan pelayanan, bukan dilayani,’’tegas Gubernur IPDN.

Membangun inovasi dengan merubah sikap dan prilaku lanjutnya, menjadi prinsip dalam kerja, sehingga jangan hanya terus menyalahkan pimpinan. Sebagai bawahan harus terus melakukan instrospeksi diri.

Selain itu, kejujuran sangat menunjang kinerja, sehingga terhindar dari sikap korupsi. ‘’Kalau mental bisa dipertanggungjawabkan, tapi kalau moral susah. Untuk itu antara mental dan moral itu harus sama-sama bagus,’’terangnya.

Dalam refolusi mental sambungnya, tidak hanya dilakukan untuk para eksekutif, tapi juga legislatif. Kalau eksekutif sifatnya melayani masyarakat, legislatif juga sebagai pelayan rakyat, yang jadi bos itu adalah rakyat.

Gubernur IPDN mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Kabupaten Merangin, dengan berbagi informasi dengan Bupati Merangin. Hal seperti ini perlu terus dilakukan guna memberikan pandangan dan informasi segar yang dibutuhkan.

‘’Memberikan ilmu kepada pejabat di jajaran Pemkab  Merangin mendapatkan pahala, begitu juga yang mendapatkan ilmu. Tapi lebih banyak pahalanya bupati Merangin yang berupaya mengundang saya ke Merangin,’’ujarnya lagi.(Lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.