News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Banjir di Gunung Kerinci Akibat Galian Ilegal

Banjir di Gunung Kerinci Akibat Galian Ilegal






The Jambi Times – Kerinci - Aksi blokir jalan dilakukan warga Desa Siulak Deras Kecamatan Gunung Kerinci,akibatnya ratusan kendaraan terjebak macet,arus lalu lintas Sungai Penuh -Ppadang pun putus.

Ratusan kendaraan dari dua arah yakni Padang dan Sungai Penuh,terjebak kemacaetan selama 4 jam lebih kemacetan dipicu oleh aksi pemblokiran jalan oleh warga Desa Sulak Deras mudik kecamatan gunung Kerinci.

Tak hanya memblokir jalan warga juga membakar ban di tengah badan jalan,beberapa warga mengatakan,aksi ini terpaksa mereka lakukan karena sudah dua hari ratusan rumah di desa mereka terendam banjir.

Aksi serupa pernah dilakukan warga pada tahun 2015 lalu,saat itu warga menuntut Pemerintah Kabupaten Kerinci menutup galian C ilegal yang diduga menjadi penyebab banjir.

Kini satu tahun berlalu, warga kembali menerima dampak dari ulah para pengusaha galian C ilegal yang merusak lingkungan.Ratusan rumah terendam banjir, ironisnya sebuah mushalla tidak pernah digunakan lagi  karena selalu terendam banjir.

Material pasir yang terbawa hanyut dari lokasi galian C menumpuk, dua alat berat terpaksa dikerahkan untuk membersihkan tumpukan pasir dari dalam sungai agar tidak hanyut dan menimbun rumah warga.
Salah seorang korban banjir,Rabainah mengatakan,”Sudah dua hari rumahnya tergenang banjir namun kepala desa dan anggota DPRD asal desa setempat terkesan cuek.
Untuk menghindari banjir susulan, Rabainah terpaksa memasang gundukan pasir di depan pintu,sementara dapur rumahnya rusak diterjang banjir.
 
Setelah bernegosiasi, blokir jalan baru bisa dibuka pada pukul 11 siang,setelah pemerintah mengerahkan alat berat dan membongkar gorong-gorong. Namun perbaikan gorong-gorong dikatakan warga tidak akan menyelesaikan masalah banjir di desa tersebut selama galian C belum ditutup(al)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.