News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Legenda Belanda Johan Cruyff Meninggal Dunia

Legenda Belanda Johan Cruyff Meninggal Dunia

 

Jakarta - Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, meninggal di usia 68, Kamis (24/3). Penyerang yang membawa Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 1974 itu meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit kanker paru-paru.


Kepastian meninggalnya Cruyff terungkap lewat situs resmi penyerang ikonik Barcelona dan Ajax Amsterdam tersebut.

"Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68) meninggal dengan damai di Barcelona, dikelilingi keluarganya setelah lama berjuang melawan kanker. Dengan penuh kesedihan, kami meminta Anda untuk menghormati privasi keluarga di waktu berkabung ini," demikian pernyataan lewat situs resmi Cruyff.

Cruyff mengungkapkan dirinya menderita kanker paru-paru pada Oktober 2015. Pada Februari 2016, Cruyff mengaku penyakit kankernya semakin membaik.

"Hasilnya sangat positif. Terima kasih untuk kerja luar biasa dokter, dukungan orang-orang dan mental positif saya," ujar Cruyff seperti dilansir Daily Mirror.

"Saat ini, saya merasa sudah unggul 2-0 di babak pertama pertandingan yang belum selesai. Tapi, saya yakin saya akan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan," sambungnya.

Cruyff memulai karier profesionalnya sebagai pesepakbola pada 1964 dengan memperkuat Ajax. Cruyff kemudian pindah ke Barcelona, Los Angeles Aztecs, Washington Diplomats, Levante, dan kembali ke Ajax pada 1981. Cruyff menutup kariernya sebagai pemain dengan memperkuat Feyenoord pada 1984.

Cruyff kemudian memulai karier pelatih bersama Ajax pada 1985 dan dipercaya menangani Barcelona pada 1988 hingga 1996. Sepanjang kariernya, Cruyff menyumbang 33 gol dari 48 caps bersama timnas Belanda. (har/cnni)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.