News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Warga Suku Rimba Mengungsi Pasca Hutan Terbakar

Warga Suku Rimba Mengungsi Pasca Hutan Terbakar




The Jambi Times – Sarolangun - Pasca terbakarnya hutan di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas di desa Baru kecamatan Air Hitam kabupaten Sarolangun,Jambi.

Puluhan keluarga suku rimba  di kawasan tersebut terpaksa harus mengungsi karena hutanya ludes terbakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hutan di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas yang terbakar tepatnya di desa Baru kecamatan Air Hitam kabupaten Sarolangun.

Belasan keluarga suku rimba dari anak-anak hingga orang tua turut mengungsi pasca terbakarnya hutan mereka di kawasan tersebut.

Mereka dengan berat hati harus terpaksa mengungsi ke daerah –daerah lain bahkan mereka mengungsi ke perkampungan warga desa.

Semua harta benda milik warga suku rimba seperti kain,beras dan lainya di angkut.
Mereka harus berjalan kaki belasan kilo meter dari lokasi hutan mereka yang terbakar.
Bahlan mereka suku rimba tidur biasanya membuat pondok kecil kini mereka hanya tidur beralasan tanah dan rumput hutan.

Karena tidak ada lagi tempat untuk mengungsi akhirnya suku rimba mengungsi ke rumah-rumah warga di desa pemukiman penduduk.

Untuk menghilangan rasa trauma terhadap anak-anak rimba pasca terbakarnya hutan mereka.

Warga desa Kedudung sangat peduli kepada suku rimba, untuk menghibur anak-anak suku rimba,warga melakukan trapi pengajaran tulis baca kepada anak-anak suku rimba tersebut.

Pasca terbakarnya hutan seluas empat hektar ini akibat menghirup asap,anak-anak bahkan orang tua suku rimba mengalami penyakit ispa,batuk-batuk,diare dan lain-lain.(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.