News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wabup Hadiri Wisuda Purna Wiyata Permadani

Wabup Hadiri Wisuda Purna Wiyata Permadani




The Jambi Times - Merangin  - Wakil Bupati Merangin, A Khafid Moein kemarin (7/11) menghadiri wisuda purna wiyata Persaudaraan masyarakat budaya nasional Indonesia (Permadani) di Balai Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan.

Wisuda pendidikan bahasa dan sastra Jawa itu, diikuti sekitar 50 orang peserta yang mengenakan busana khas Jawa lengkap dengan kerisnya. Peserta beradal dari Kabupaten Tebo, Sarolangun dan Merangin.

‘’Pendidikan bahasa dan sastra Jawa ini guna mewarisi adat istiadat ke generasi penerus, di tengah kemajuan jaman. Namun demikian adat Jawa yang dipelajari disingkronkan dengan mempelajari budaya lokal Merangin,’’ujar Wabup.

Sebab lanjut Wabup, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, sehingga kedua budaya itu menjadi satu kesatuan yang kuat. ‘’Melalui kebersamaan ini, kita tidak akan menjadi orang yang menyendiri,’’tegas Wabup.

Menariknya para wisudawan satu persatu dipersilahkan melantunkan petitah-petitih sastra Jawa ke atas panggung diiringi musik gamelan secara live. Beberapa peserta ada yang minta bantuan peran sinden untuk melengkapi tembangnya.

Sebelumnya para wisudawan itu telah memperdalam pendidikan petitah-petitih sastra Jawa yang mendalam lebih dari setahun. Tidak hanya tatacara berbahasa yang dipelajari, tapi juga tata cara berpakaian, perilaku, tatakrama dan sopan santun.

Wabup berharap kegiatan pendidikan sastra Jawa dan budaya Merangin itu terus dilestarikan, sehingga budaya warisan dari nenek moyang warga Merangin keturunan Jawa itu tidak hilang begitu saja.(lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.