News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Iwan Fals Minta Pelaku Pembakaran Hutan Di-'Bongkar'

Iwan Fals Minta Pelaku Pembakaran Hutan Di-'Bongkar'


(Foto:Ilustrasi)
KARANGANYAR Seminggu setelah konser akbarnya di Jakarta, penyanyi legendaris Iwan Fals kembali menghibur para penggemarnya. Sabtu (28/11/2015) malam, pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ini membawakan 15 hits dan menyihir ribuan OI (sebutan untuk penggemar fanatik Iwan) di alun-alun depan Kantor Bupati Karanganyar, Jawa Tengah.

Bagai paduan suara, para penggemar Iwan Fals langsung menyanyikan lagu bersama-sama dengan musisi yang kerap melontarkan kritik sosial dan politik lewat lagunya ini. Diawali dengan menyanyikan bersama-sama lagu Indonesia raya kemudian disusul Mata Indah Bola Pimpong, Pesawat Tempur, Ibu, Bento, Bongkar, Hio, Aku Sayang Kamu, Bisikan Hati.

Terkait bencana kebakaran hutan di Gunung Lawu yang menewaskan sembilan orang pendaki pada pertengahan Oktober lalu, Iwan pun menyanyikan lagu yang diciptakannya bersama Setiawan Djodi, berjudul Langgam Lawu. Ia meminta agar masyarakat menjaga pohon-pohon di daerah-daerah yang masih bebas dari kebakaran hutan.

"Saya minta hutan yang masih aman dari kebakaran untuk dijaga. Dan bagi mereka yang berduit, saya minta agar yang membakar hutan segera di bongkar,"papar Iwan yang langsung diteruskan dengan menyanyikan lagu Bongkar yang disambut riuh para OI.

Bongkar sendiri merupakan lagu Iwan Fals yang sangat populer pada era 80-an akhir. Bongkar, yang merupakan luapan hati Iwan dalam album Swami (1989), ini menggambarkan mahalnya suatu keadilan.

Di akhir pertunjukannya, Iwan memperkenalkan dua lagu terbarunya. Salah satunya karya dari ketua KPK non-aktif Abraham Samad dan Bambang Widjojanto berjudul Kalau Takut Jangan dan Lawan Korupsi, sebelum ditutup dengan lagu Untukmu Indonesia.

Hingga akhir pertunjukan, konser yang dimulai pukul 21.00 hingga pukul 22.45 WIB berjalan aman dan terkendali.

Untuk mengantisipasi kerusuhan, ratusan personil TNI dan Polri dikerahkan, termasuk dari Yonif 413 Kostrad.(cin/okezone)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.