Terpopuler

Back to Top

Video

Tahun Terakhir Kuliah, Saatnya Taklukkan Dunia Kerja

Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis Di iklan the jambi times http://iklan.thejambitimes.com

Video Jambi Terkini
Lihat Video Berita seputar Jambi
http://tv.thejambitimes.com

Pasang Iklan Disini
Pasang Iklan Disini Hub. 0813 6687 8833
http://www.thejambitimes.com

Tunjukan.com
Portal Berita Tunjukan
http://www.tunjukan.com

Ads by Iklan The Jambi Times
 
(Ilustrasi: Shutterstock)
SEBAGIAN mahasiswa tahun terakhir mungkin merasa galau. Di satu sisi, mereka harus menghadapi dunia kerja. Di sisi lain, mereka begitu mencintai kampus dan teman-teman kuliah sehingga merasa berat untuk berpisah.

Bagaimanapun juga, tahun terakhir kuliah adalah masanya persiapan memasuki dunia kerja. Dan sebelum kelulusan tiba, beberapa strategi ini bisa membantu calon sarjana siap berkompetisi dengan pencari kerja lainnya.

Apa yang diinginkan perusahaan?

Sejak sekarang, cari tahu apa yang biasanya dicari perusahaan pada kandidat pegawai mereka? Nilai IPK biasanya jadi persyaratan, tetapi ada kualifikasi lain yang juga harus dipenuhi. Kompetensi dan pengalaman profesional apa saja yang menjadi nilai tambahan di mata perekrut karyawan? Asah berbagai soft skill yang umumnya dicari perusahaan seperti kemampuan memimpin, bekerja sama dalam tim, serta berinisiatif. Kemudian, tuliskan dalam berkas lamaranmu sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang sedang dilamar.

Kapan perusahaan menginginkan saya?

Tidak ada patokan waktu yang khusus tentang kapan sebaiknya melamar kerja. Tetapi, sebaiknya mulailah perburuan pekerjaan idaman sejak dini. Jadi, di tahun terakhir kuliah ini, tidak ada salahnya mahasiswa mulai melihat-lihat lowongan pekerjaan dan mempelajari tren rekrutmen pegawai yang ada. Perusahaan swasta umumnya membuka rekrutmen kapan pun mereka butuh, sementara instansi negeri biasanya memiliki periode khusus untuk membuka lowongan pegawai.

Bagaimana cara menemukan perusahaan idaman?

Jawaban pertanyaan ini adalah kombinasi banyak hal. Cobalah buat daftar perusahaan dan organisasi yang ingin dimasuki dan catat jadwal mereka dalam proses penerimaan pegawai baru. Bisa juga memanfaatkan jaringan profesional untuk menemukan pekerjaan dan perusahaan yang sesuai dengan target.

Bagaimana cara membuat perusahaan menginginkan saya?

Pertama, tentu saja siapkan diri sejak sekarang dengan segudang kemampuan dan pengalaman profesional. Jangan malas untuk beraktivitas di luar perkuliahan untuk mendapatkan hal-hal tersebut.
Kemudian, bangunlah jaringan profesional yang baik. Ikuti akun media sosial milik orang-orang penting di bidang yang ingin ditekuni dan belajarlah dari mereka. Datangi juga berbagai kegiatan networking untuk memperluas pergaulan dan wawasan. Acara semacam ini juga membuka peluang mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan.

Jika tiba saatnya melamar kerja, jangan mengirim satu CV/resume yang sama ke berbagai perusahaan. CV/resume ini adalah alat penjualan. Jadi, sesuaikan isinya dengan berbagai pengalaman dan kemampuan yang disyaratkan perusahaan.
Semoga berhasil!(rfa/okezone)