News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bupati Ambo Tang Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bupati Ambo Tang Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda



The Jambi Times - Muara Sabak -Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kemarin (28/10) menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-87, di lapangan kantor Bupati Tanjung Jabung Timur, komplek Bukit Menderang Muara Sabak. 

                Bupati Tanjung Jabung Timur H. Ambo Tang,SE bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri oleh segenap peserta antara lain dari para Kepala SKPD, unsur Forkompimda, TNI, Polri, Korpri, Satpol PP, pelajar, KNPI dan sejumlah Organisasi kepemudaan (OKP) lainnya.

              Dalam pidato tertulisnya, Bupati Ambo Tang mengatakan Peringatan sumpah pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme pemuda Indonesia yang berhasil menyatukan visi kebangsaan, melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yang utuh yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung satu bahasa persatuan Indonesia.

                Sumpah pemuda 1928 lanjut Ambo Tang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia. Di era revolusia mental, semangat sumpah pemuda 1928 didukung Undang-Undang RI nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Hal ini mengisyaratkan bahwa semnagat dan motivasi baru bagi bangsa khususnya pemuda Indonesia dalam memperjuangkan eksistensinya sebagai bangsa yang bersatu dan berdaulat.

                Pembangunan jiwa dan raga generasi muda sebagai penerus bangsa harus dimaknai sebagai upaya yang serius dalam menjaga integritas, karakter, kapasitas dan semangat nasionalisme.

                Pada kesempatan itu Ambo Tang juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda hendaknya tidak hanya sebatas rutinitas seremonial semata, melainkan perlu dimaknai pemanfaatan momentum dimaksud secara lebih strategis. Semangat ini diperlukan untuk memperkuat, memperkokoh, merawat, dan menjaga nasionalisme pemuda Indonesia bersatu, maju, menjawab berbagai tantangan zaman dan menangkap peluang seperti yang dimanatkan dalam Undang-Undang kepemudaan. Amanat ini berkaitan dengan peran aktif pemuda di segala bidang pembangunan.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.