News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

BPMPD Gelar Pembekalan Adat Sarolangun

BPMPD Gelar Pembekalan Adat Sarolangun

 
The Jambi Times - Sarolangun - Badan Pemberdayaan pemerintahan Masyarakat Desa (BPMPD) mengelar acara pembekalan adat bagi kepala desa dan kelurahan dikabupaten sarolangun.
 
Kabupaten yang dikenal dengan saloko bumi sepucuk adat serumpun paseko tenyata saat ini hanya menjadi simbol, namun keberadaan adat istiadat yang ada terkesan sudah banyak ditinggalkan.
 
Melibatkan unsure kepala desa lurah BPMPD kabupaten sarolangun meminta untuk memahami  adat istiadat atau ketebiasaan yang ada didesa menjadi sumber reprensi untuk menciptakan kondisi yang aman.
 
Melirik ke bumi sepucuk adat serumpun paseko yang terkenal dengan kebudaaan adat serta merata diberbagai kecematan dan memiliki nama tersendiri hingga saat ini tidak memunculkan tokoh tokoh muda untuk regenerasi dimasa akan datang.
 
Tentu, adat yang ada menurut berbagai pendangan hanya menjadi simulasi saja dan terkesan hanya sebagai kepentingan bukan memproritaskan kebudayaan.
 
KeBadan Pemberdayaan pemeritahan Desa (BPMPD),Rabu 16 September 2015, menggelar acara pembekalan adat bagi Kepala Desa dan Lurah.
 
“Pembekalan adat bertujuan, untuk meningkatkan pemahaman kepala Desa dan lurah tentang adat istiadat budaya dan kearifan local,”Kata Kepala BPMD dalam pembukaan pembekalan di kantor PKK.
 
lanjut Zaidan, kegiatan ini akan di selenggarakan selama dua hari kedepan,salah satu pembicara adalah tokoh adat kabupaten Sarolangun.
 
“Kades dan lurah akan kita bekali pemhamanan tentang adat, Tokoh adat yang berkompeten di bidangnya akan jadi narsumber. Kita berharap ini bermamfaat,” Ujar Zaidan. (Alamsyah)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.