News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ratusan Hektar Padi Gagal Panen,Pemerintah Muaro Jambi Masa Bodoh

Ratusan Hektar Padi Gagal Panen,Pemerintah Muaro Jambi Masa Bodoh



The Jambi Times – Muaro Jambi - Sejak enam bulan tidak turun hujan di Jambi membuat ratusan hektar sawah petani kering hingga petani padi mengeluh resah.

Klik Videonya

Akibat musim kering ini,petani di kecamatan Maro Sebo tidak bisa mendapatkan hasil panen karena padinya rusak dan mati.

Sekilas padi masyarakat di desa Pematang Bawang sepertinya terlihat subur namun jika di perhatikan dengan teleti bahwa padi di sawah petani ini mengalami kekeringan air.

tidak ada setetespun air yang mengaliri sawah mereka sehingga ratusan hektar padi masyarakat di desa Pematang Bawang kecamatan Maro Sebo kabupaten Muaro Jambi rusak dan mati.
Sudah setengah tahun musim kemarau mengancam wilayah ini sehingga lumpur di sawah ikut mengering dan retak-retak.

Nurjanah salah satu petani yang sudah puluhan tahun menjadi petani padi di desa tersebut setiap tahunya terus mengalami nasib seperti ini.

Ibu tua ini tiap harinya hanya termenung melihat kondisi sawah padinya yang kering kerontang tanpa kehidupan ,tanpak sedih di pondokan yang usang miliknya yang berada di tengah sawah.

Kepada The Jambi Times,Nurjanah ini mengatakan soal kondisi sawahnya,”Kalo sudah begini yah terima sajalah,padi tidak bisa di panen,semua hanya mengaharpkan sumber air dari hujan”katanya.



Tidak pedulinya pemerintah dalam masalah ini membuat kehidupan petani di desa Pematang Bawang menderita dan terancam kelaparan.

Sebab mata pencarian warga di desa ini hanyalah menjadi petani padi,biasanya hasil panenya hanya untuk keperluan makan selama setengah tahun kedepan.Jika padinya tidak dapat di panen maka petani ini akan terancam.

Presiden Joko Widodo sedang mengalangkan melaksanakan program cetak sawah dengan perairan irigasi yang baik.

Ini salah satu bukti nyata dari sekian banyak  petani yang mengalami nasib seperti Nurjanah.Jika sudah datang musim kemarau tanpa adanya perhatian dan  kepedulian pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.Mereka hanya mengurung nasib beginilah penderitaan petani padi di pedesaan untuk bertahan hidupun kesulitan.(Tim-JT)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.