News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Kebakaran Lahan,Puluhan Kendaraan Di Larang Melintas

Kebakaran Lahan,Puluhan Kendaraan Di Larang Melintas





The Jambi Times – Kuala Tungkal - Kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Tanjung Jabung Barat(Kuala Tungkal)Jambi.
Puluhah hektar lahan kebun milik warga habis terbakar,puluhan petugas di kerahkan namun api sulit di jinakan.Hal ini di sebabakan  oleh angin berhembus cukup kuat dengan kondisi yang terbakar di penuhi lahan bergambut.

Kebarakan  laha di desa Pematang Lumut kecamatan Betara,Kuala Tungkal Jamb terjadi sekitar pukul :16:30 wib kemarin (29/07/2015)sore.

Di perkirakan luas area lahan kebun masyarakat yang terbakar mencapai dua puluh hektar.Di waktu bersamaan di daerah yang sama,kebakaran terjadi di empat titik di kecamatan Betara.


Puluhan satuan tugas(satgas) dari dinas kehutanan kabupaten Tanjung Jabung Barat(Kuala Tungkal) kesulitan untuk padamkan api.

Hal ini di sebabkan akibat kondisi angin yang cukup kuat berhenbus  di lokasi kebakaran di tambah dengan  lahan yang terbakar merupakan lahan yang bergambut.

Dua jam petugas bekerja untuk padamkan api namun api belum juga dapat di jinakan.Untung saja bantuan dari Pt.WKS yang menurunkan empat unik kendaraan tronton berisi tanki air berhasil untuk padamkan api.

Suasana di daerah lokasi kebakaran dekat dengan perkampungan masyarakat dan  tepat di pinggir jalan raya lintas sumatera ini juga di penuhi asap tebal sehingga arus jalan lintas tersebut ditutup sementara.

Di prediksi kebakaran hutan dan lahan akan terus meningkat hingga sampai bulan oktober mendatang karena musim kemarau masih terus terjadi.


Karena kuatir akhirnya warga berbondong-bondong ikut mengungsi.Semua harta benda yang ada di dalam rumah di ungsikan keluar.

Misalnya,Paiman (67)warga desa Pematang Lumut bersama keluarga dan tetanggannya mengungsikan membawa keluar harta benda yang ada di dalam rumah.

Warga kuatir api bakal membakar rumah mereka bukan warga saja yang mengungsi,kendaraan antar lintas sumatera juga harus di hentikan karena dengan kebakaran ini,asap tebal  dan api sudah mengenai dan menutupi badan jalan sehingga jarak pandang sudah tidak terlihat lagi.

Warga yang juga saksi mata dalam musibah kebakaran lahan menyebutkan api berasal dari arah selatan menuju ke arah rumahnya.Mendengar suara api akhirnya satu keluarga paiman ini mengungsi.
Kendaraan yang di hentikan petugas sudah hampir berjalan tiga jam menunggu namun api belum bisa di padamkan secara total.

Sulitnya medan di area lahan gambut yang terbakar ini merupakan salah satu kesulitan bagi petugas dari satgas kehutanan Kuala Tungkal untuk padamkan api namun api dapat di padamkan empat jam setelah mendapatkan  bantuan dari pihak lain.(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.